Jangan Beli Apartemen Gateway

Baru-baru ini saya dikejutkan oleh pemberitaan sebuah harian nasional yang menyatakan bahwa pembangunan Apartemen Getaway dihentikan. Semua spanduk dicabut, kantor pemasaran ditutup dan aktifitas marketing dan promosi dianulir. Tak hanya itu, sejumlah alat berat yang sebelumnya digunakan untuk mengeruk tanah, juga telah disingkirkan.

Ya, apartemen milik Grup Agung Sedayu di Jl Ciledug Raya, Kotamadya Tangerang, ini memang menuai kontroversi. Ia menempati area kosong yang selama ini merupakan satu-satunya lahan resapan air di sebuah kawasan yang memang selalu digenangi air alias banjir. Dekat dengan Ciledug Indah I yang merupakan perumahan langganan banjir. Nah, jika Getaway jadi dibangun, apa jadinya kawasan Ciledug, Petukangan, Kreo dan sekitarnya? bisa jadi akan hilang dari peta Jakarta alias tenggelam.

Kejanggalan itu dimulai ketika Grup Agung Sedayu sudah mulai memasarkan apartemen low cost dengan harga mulai Rp88 juta itu padahal aspek legal belum terpenuhi. Petugas pemasaran yang saya datangi tidak bisa menunjukkan ijin prinsip, surat ijin penggunaan peruntukan tanah (SIPPT) dan surat ijin mendirikan bangunan (IMB). Petugas itu menyatakan semua aspek legal tengah diproses. Kok bisa jualan? Inilah yang patut diwaspadai oleh calon konsumen. Jangan sampai membeli kucing dalam karung.

Kepala Sub Dinas Penertiban Umum Kotamadya Tangerang, Yulias Mansyur mengatakan, pihaknya tidak akan memberikan ijin apapun terhadap pengembang yang membangun properti di kawasan banjir dan rawan banjir.

Selain Apartemen Getaway, yang harus diwaspadai calon konsumen adalah Garden Mansion yang juga dikembangkan oleh Grup Agung Sedayu. Garden Mansion ini berlokasi di kawasan Daan Mogot dan berpotensi banjir. Menempati area seluas 12 Ha, Garden Mansion bakal berisi apartemen, pusat belanja, ruko, dan townhouse.

Tips membeli apartemen/rumah;

1. Cermati track record (jejak rekam) pengembangnya. Bisa ditelurusi kenaggotaannya pada asosiasi pengembang yang diakui seperti REI dan APERSI.

2. Perhatikan aspek legalitasnya. Terdiri atas Ijin Prinsip, Surat Ijin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT), dan Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Jika pengembang tidak mampu menunjukkan legalitas atas properti yang dibangunnya, berarti telah menunjukkan iktikad buruk.

2. Perhatikan lokasinya. Apakah berada di kawasan banjir ataukah dengan dibangunnya apartemen ini, lokasi di sekitarnya berpotensi banjir. Hindari membeli properti yang dibangun di atas lahan konservasi atau catchment area. Untuk calon pembeli yang bermotif investasi, lokasi strategis harus menjadi pertimbangan utama.

3. Perhatikan aksesibilitasnya. Mudah dijangkau atau harus melalui jalur-jalur padat kendaraan. Perhatikan juga kondisi infrastruktur jalan dan moda transportasinya.

4. Harga. Sesuaikan dengan kantong kita. Komparasi harga dengan properti sejenis dibutuhkan agar kita bisa mengambil keputusan dengan bijak. Untuk pembeli yang bermotif investasi, harus memiliki pengetahuan tentang harga sekunder dan harga pasar di sekitar lokasi. Potensi yield dan gain yang besar harus jadi pertimbangan utama.

5. Spesifikasi bangunan. Harus sesuai dengan klausul yang ada pada brosur atau perjanjian pengikatan jual beli (PPJB). Jika tidak, calon pembeli harus mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya dari petugas marketing.

6. After Sales Service. Untuk properti, biasanya masa garansi berlangsung selama tiga bulan setelag serah terima kunci. Perhatikan baik-baik klausul after sales service. Calon konsumen harus mengetahui dan mempelajari dengan baik hak dan kewajiban konsumen serta hak dan kewajiban pengembang yang tercantum dalam PPJB.

 

Iklan

132 Tanggapan

  1. Mbak aku mau tanya di koran apa yah di bahasnya .. ?
    Karena saya sudah membeli 1 unit ….

    thx buat infonya

    Di Harian Kompas. saya lupa edisi kapan. Tapi yang jelas, itu apartemen memang bermasalah…aspek legalnya belum ada….By the way, udah beli 1 unit? cash or KPA? bagaimana akhirnya setelh itu proyek dianulir? dikembalikan gak uangnya? Anda bisa lapor ke Yayasan Lembaga Konsumen Properti Indonesia yang diketuai Erwin Kallo

  2. Kayaknya nama apartemennya Gateway deh, bukan Getaway. Selama oknum pejabat bisa disogok dengan uang, praktek semacam itu akan terus ada. Kalo pemerintah tegas, oknum-oknum itu gak berani.

    iya Mas….saking semangatnya sampe lupa tulis Gateway jadi Getaway (kabuuur hehehe)… jangankan oknum, RTRW aja bisa dikangkangi…Nah lho…

  3. Ini benar enggak sih ?? waduh .. aku sdh booking 1 jt lagi.., baru baca artikel mbak hilda.. tapi kalo pemasarannya di anulir .. sabtu ( 29/03/08) kemarin aku masih bisa booking … nah loh!! piye iki enaknya .. mumpung belum kasih DP 1… tolong komentarnya dooong ……

  4. Saya baru aja telpon ke Agung Sedayu.
    Menanyakan proyek ini (Gateway).. ternyata proyek ini tetap berjalan . mereka masih menyurus masalah amdalnya dan kemungkinan selesai bulan mei dan start bangun juni.
    Jadi tidak ada masalah

  5. @munil dan astila

    Tulisan saya dibuat berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada bulan februari 2008. Saya mendatangi langsung kantor pemasarannya dan bertanya pada petugas marketing. Sayangnya mereka tidak mampu mengatakan apalagi menunjukkan aspek legal yang menjadi persyaratan sebuah bangunan bisa tegak berdiri. Saya survey sebelum Pemkot Tangerang melakukan ‘pembersihan’ atas semua wahana promosi seperti baliho, spanduk, dll.

    Pertengahan April nanti, saya kembali akan melakukan survey dan mencari data-data dan fakta terbaru mengenai Gateway….

    Jika Anda sudah membeli atau minimal membayar booking fee dan DP, sebaiknya ditanyakan komitmen Agung Sedayu, serta minta draft PPJB. Dari situ terlihat apakah Anda potensial dirugikan atau tidak….Terima Kasih

  6. makasih atas sarannya.
    Aku tunggu banget yah beritanya.
    Karena jujur aku juga takut kalau dibatalkan kt jadi dirugikan

    sama-sama mbak. Saya tulis blog untuk sekadar mengingatkan saja, syukur2 bermanfaat. Saya ingin posisi tawar konsumen setara dengan penjual (pengembang). Selama ini kan posisi tawar konsumen lemah karena ‘sengaja’ dikondisikan demikian. Dengan adanya UU Perlindungan Konsumen, Anda atau siapapun konsumen yang akan membeli properti memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan pengembang. Jadi, semoga tidak ada yang dirugikan.

    kalau boleh saya sarankan, untuk mengetahui fakta-fakta sebenarnya, jangan hanya melalui telepon ya….datang langsung aja ke lokasi, terus cari referensi sebanyak-banyaknya, bila memungkinkan ke otoritas perijinan dan tata kota. Supaya Anda bisa mengetahui secara pasti apakah apartemen tersebut sudah memiliki ijin atau belum….

  7. Saya ingin menanggapi tulisan ini.

    Saya termasuk salah satu yang berminat dengan Apartemen Gateway dan sudah membayar booking fee 1 juta Rp.

    Terus terang agak kager juga setelah membaca tulisan ini, tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanggapi.

    Saya berminat terhadap Gateway karena lokasinya dekat dengan rumah saya (satu kelurahan).
    Setahu saya pembangunannya berdiri diatas lahan yang sebelumnya memang rumah dengan berhalaman luas, jadi bukan berdiri di daerah resapan.
    Letak Gateway adalah persisi disebelah Toyota Auto 2000 dan didepan Universita Budi Luhur yang masih berada di Jak-Sel. Sedangkan Perumahan Ciledug Indah I adalah berada di daerah Cipondoh, Tangerang, yang mana jaraknya 5 Km lebih dari Gateway.
    Demikian tanggapan saya, semoga bermanfaat.

    menurut RTRW Pemerintah Kotamadya Tangerang, itu memang termasuk zona hijau….

  8. kok pemkot tanggerang ?? setahu aku, gateway masih di wilayah Jakarta..

    Pemkot Tangerang yang melakukan sidak ke lapangan dan membersihkan semua hal yang berbau promosi

  9. justru itu yang jadi pertanyaan saya .. kenapa yang rame pemkot tanggerang sementara pembangunan ada di wilayah jak-sel ?? KPA juga akan ditangani oleh Bank DKI, jadi memang ini masih wilayahnya Jakarta.
    btw lagi : saya terakhir ke lokasi pembangunan setelah tanggal 6 maret dan masih banyak baliho promosi dan ada alat berat di lokasi ..

    sampai saat ini saya belum mendapat kuotasi dari Pemkot Tangerang mengenai cakupan wilayah administrasi Gateway. Dua, untuk sementara ini memang hanya Bank DKI yang memberikan fasilitas KPA untuk Gateway, tapi tidak tertutup kemungkinan bank lain meminati juga. Tiga, bisa jadi setelah ada berita mengenai aksi Pemkot Tangerang di koran nasional, Agung Sedayu lantas melengkapi aspek legalnya dan untuk kemudian melakukan aktifitas promosi dan pemasaran kembali.

    Lepas dari masalah itu, Gateway potensial untuk terserap pasar. Secara lokasinya dekat dengan pusat aktifitas bisnis Jakarta.

  10. wah kok jadi kisruh gini yah?
    memangnya harganya bneran 88jt? luasnya segimana yah?
    trus itu bneran bermasalah yah? padahal baru berfikir mau coba beli 1 unit loh…. mohon pencerahannya deh kalau begitu..

    harga jual memang 88 juta untuk unit seluas lebih kurang 24 m2. Harga tersebut harga dasar. Belum termasuk biaya administrasi, provisi pengurusan KPA, BPHTB, pemilihan lokasi unit (hadap timur, barat, bawah, atas, hook, bisa berbeda harganya), dan lain-lain.

  11. Menurut marketingnya, Lt 1 s/d 12 dah sold out. Sisa yg Rp. 144 jt/ unitnya. Krn lokasinya strategis, Gateway pasti dibangun. Kalo developer yg skrg gak bisa, akan diambil alih oleh yg lebih bonafid. Inget, ada campur tgn pemerintah disini. Yg mgkn meragukan biasanya mutu materialnya. Janjinya Mei dah dibangun tp sampe skrg blom ada ksibukan yg berarti. So kita tunggu ampe mei 2008 ini.

    janji memang bisa saja diumbar. Tapi, konsumen harus waspada terhadap kemungkinan wanprestasi pengembang. Menurut Handoyo Kristanto (pejabat REI) bahwa sampai saat ini nyaris terdapat 50% kasus-kasus properti yang disebabkan oleh cedera janji maupun wanprestasi pengembang.

  12. harga di gateway tidak dibedakan berdasarkan lokasi tower, atau hook atau lantai… tapi hanya dibedakan oleh jumlah kamar di setiap unit… yg 88 juta itu untuk yang 1 kamar…

    betul. Tapi, pertimbangan ‘unsur feng shui’, serta view yang didapat dan keterangan saya sebelumnya juga mempengaruhi harga jual transaksi. Silakan cek langsung. Keterangan yang saya dapat berasal dari petugas marketing

  13. kalo belinya langsung dari developer, tidak ada perbedaan harga.. saya tahu persis karena saya sudah berhubungan dengan pihak marketingnya..

    sudah Anda tanya belum, kalo Anda berniat membeli unit yang menghadap ke timur dan dengan view lebih ‘baik’ berapa harga jualnya? saya mendapatkan keterangan ini langsung dari marketingnya. Untuk apa saya menulis tidak berdasarkan keterangan dan fakta?

  14. View S.Pool nambah 6jt. View ke utara&timur nambah 3 jt.Selatan nambah 1 jt.

    hmmmm gimana saudara ari, apakah masih setia ‘membela’ developer Anda itu? 🙂

  15. saya sudah beli salah satu unit, makanya saya bisa mbantah ..

    sebelumnya saya ucapkan selamat kepada Anda yang telah membeli unit apartemen Gateway. Kalau boleh tahu, Anda membeli berapa unit, dan unit tersebut view-nya apa, apakah Anda membeli secara tunai atau dengan KPA, dan kapan serah terima kuncinya? keterangan Anda akan sangat bermanfaat bagi saya. terima kasih

  16. Wah bung Ari,boleh minta no hp nya?Atau nama marketingnya?Bisa tlg email saya di viktor_irawan@yahoo.com Kbetulan sy sdg collecting data ttg apartmen bersubsidi.

  17. saya beli di tower C lantai 17 .. pakai KPA bank DKI .. target serah terima akhir 2009 ..
    marketing yang membantu saya namanya Yadi (02198586686), tapi terakhir saya bicara dengan dia, dia sedang diperbantukan di apartment subsidi di Cibubur ..

    Yup…Cibubur Village Apartment namanya…. Gimmick yang ditawarkan juga serupa. FYI waktu normal yang dibutuhkan untuk membangun satu tower apartemen adalah 24 bulan. Jadi, kalau serah terima dijanjikan akhir 2009, maka pembangunan Gateway hanya 20 bulan. Kita bisa memprediksikan bagaimana kualitas bangunannya….

  18. Pak Victor Bilang
    View ke utara&timur nambah 3 jt

    Yang saya tau dari marketing
    View ke utara&timur nambah 5 jt

    Nah mana yang benar … ??

    Jangan sampai ada perbedaan harga nich, karena view utara & timur yang paling laris.
    Tolong klarifikasinya….

    begini mas/mbak… mengenai harga (harga jual, bukan harga dasar) yang ditawarkan kepada konsumen tergantung pada negosiasi atau kesepakatan antara konsumen dan marketing yang bersangkutan. Tapi, semestinya ada batasan harga tertinggi dan terendah. Sama halnya ketika kita menjual bensin, atau komoditas lainnya ada harga eceran tertinggi dan terendah. Kalau harga dasar/harga produksi/ongkos konstruksi, untuk apartemen bersubsidi setahu saya Rp2,5 juta/m2.

  19. Bapak/Ibu sekalian, akan lebih baik jika kita punya wadah untuk komunikasi sekalian konsolidasi sebagai
    komunitas. Saya sudah buatkan milis
    apartemen-gateway@yahoogroups.com.

    kebetulan saya juga sudah mengajukan kpa bank dki
    dan calon pembeli di apartemen gateway blok B, lt.10 no.26

    nah akan lebih enak kalo kita bisa saling bertukar
    informasi tentang segala permasalahan yang ada
    tentang pembangunan apartemen gateway ini.

    thanks.

  20. Hari ini saya baru bayar Booking Fee nya, sebenarnya saya sudah datang waktu januari akhir’08, Tetapi saya masih ragu, setelah setiap hari saya pulang kerja, kebetulan rumah tinggal saya di sebelah nya jl. bahagia. Dan melihat sudah didirikan bangunan yg difungsikan untuk kantor pengembang. Saya akhir nya merasa yakin. bahwa pembangunan ini akan segera terlaksana. Saya masih dapat Tower A dgn view ke S.pool dgn penambahan 6jt. Kata marketing nya saat ini sedang dilakukan uji Amdal. Saya melihat sendiri. Demikian sekilas info.

  21. @aguscuk
    Ini yang namanya kesadaran konsumen. Harus ada forum yang menjembatani kepentingan konsumen. Kelak jika terjadi masalah, semoga tidak, seperti yang terjadi pada Hollywood Residences, posisi tawar konsumen akan lebih kuat

    @Lis
    Sekadar informasi, bangunan atau gedung kantor pemasaran tidak menjamin sebuah properti akan terdelivery. Kasus dan pelajaran mahal bagi konsumen adalah Hollywood Residences. Namun, bukan berarti Agung Sedayu serupa dengan PT Tradisi Sejahtera (pengembang Hollywood Residences). Alangkah baiknya kita memiliki kesadaran hukum akan transaksi (jual beli) properti….

    @All
    Saya sudah survey, terakhir Sabtu lalu, baliho, spanduk dan fasilitas promosi lainnya telah dipasang kembali. Namun, aktifitas pembangunan belum lagi dimulai…. Analisa mengenai dampak lingkungan yang masih dalam proses, hendaknya dipenuhi agar tidak mejadi masalah di kemudian hari…..

  22. info tambahan no telpon developer gateway : 62307409

    menurut karyawan sana proyek2 yg sudah mereka bikin banyak sekali, salah satunya apartemen di TMII, bintaro plaza, ruko2 di mangga dua,dll saya gak ingat satu per satu.

    informasinya salah besar tuh pak. Agung Sedayu hingga saat ini belum pernah membangun apartemen di TMII. Tamini Square yang saat ini baru terbangun malnya milik Grup Agung Podomoro. Bintaro Plaza milik Grup Ciputra, ruko Mangga Dua? Ada banyak pengembang yang punya proyek di sini seperti PT Duta Pertiwi. Mungkin maksudnya adalah Mangga Dua Square….

  23. hari minggu kemarin ke lokasi .. bangunan rumah sudah dihancurkan.. kantor pindah ke bangunan semi permanen di lokasi.. ada beberapa alat berat yang sedang bekerja.. dari jadwal yang dipasang di kantor, mereka sedang membuat kontur tanah.. akhir juni ini membuat fondasi bangunan..

    maksudnya cut and fill?….

  24. disini apakah ada yang sudah perjanjian jual beli dengan developer dan di approve kpa nya oleh bank DKI ?

  25. mbak hilda bagaimana Apartemen Cibubur village yang ada di Jl Radar Auri cibubur, apakah sama Dengan apartemen Gateway, sebab saya minta IMB lagi dalam peroses, tapi konsumen sudah di suruh bayar DP n cicilan, tolong mbak hilda cari tau dan diselidiki dengan pemerintah dan pihak berwajib untuk menindak lanjuti, trimakasih ya mbak

  26. Pengembang Cibubur Village berbeda dengan Gateway. Saya belum mendapat informasi mengenai track recordnya. Akan tetapi, menurut marketingnya, pengembang ini adalah pemain baru di sektor properti.

    Secara umum, membeli apartemen di kawasan sub urban seperti Cibubur, kalu untuk investasi terhitung mubazir. Sebab, masih banyak landed houses dengan harga yang relatif kompetitif. Sekitar Rp200 jutaan. Dengan kocek sebesar itu, Anda akan mendapatkan rumah dengan LB/LT 45/90. Sementara untuk apartemen, kocek Rp200 juta hanya bisa didapatkan tipe 24, atau 36 paling banter.

    Kalau Anda berminat membeli apartemen untuk dihuni, lebih baik yang di tengah kota. Selain dekat dengan tempat kerja juga dapat menghemat waktu dan biaya transportasi.

  27. Mbak Hilda, mohon informasi mengenai Lebak Lestari Garden Apartemen pengembangnya Pikko Group, karena saya beminat untuk membeli 1 unit..

    Thanks.

    Pengembangnya Grup Agung Podomoro, harga jual saat ini telah mengalami kenaikan 20% dari harga perdana Rp144 juta. Sama dengan Gateway, Lebak Lestari juga membebankan biaya view…

  28. Mbak Hilda mohon informasi donk.. apa2 saja yg perlu kt minta dari pengembang supaya uang yg telah kita bayarkan aman. karena saya telah membayar DP sebuah apartemen subsidi sebesar 5jt tp hanya diberi kuitansi tanpa materai (apakah memang hanya seperti itu prosedur umumnya?)
    pada saat kapankah PPJB dibuat?
    mohon informasi jg mengenai Apartemen “Green Parkview” Daan Mogot Km14 apakah benar pengembangnya PT.Inten Cipta Sejati (Dengan Lokasi Kantor Marketing di Seberang area pembangunan)
    terimakasih banyak untuk infonya!

    Thanx sudah berkunjung. Green Park View bisa dilihat di tulisan “Tiga Apartemen Murah Menjajal Pasar”. untuk transaksi di atas Rp500 ribu setahu saya harus dilampiri materai Pak. Yang harus diminta dari pengembang adalah matser plan, site plan, kuotasi fasilitas, bukti transaksi yang bermeterai (mempunyai kekuatan hukum), janji dan komitmen pengembang yang tertuang dalam draft PPJB, salinan surat pemesanan properti (untuk diajukan ke bank jika Bapak membeli dengan menggunakan fasilitas KPA), informasi mengenai status tanah di mana properti tersebut berada, nomor surat ijin penggunaan dan pemanfaatan tanah, nomor surat ijin mendirikan bangunan, dan aspek legal lainnya yang kemudian bisa dikonfirmasi ulang ke badan-badan terkait. semoga bermanfaat.

    • Waduh… Aku juga ada rencana mau beli apatment “Green Park View” Denger2 banyak yang bermasalah dalam membeli apartment, jadi takut =( Soalnya cicilan untuk membeli sudah diperhitungkan banget jadi klo ada kenaikan yg ga jelas seperti (PPN dll) bisa gawat nich =(

  29. yang harus diminta master plan, site plan, kuotasi fasilitas harus dalam bentuk tertulis atau hanya lisan?

    untuk tulisan anda yg “tiga apatemen murah menjajal pasar” informasi itu anda dapat dari mana? karena saya belum yakin benar bawah PT. Inten Cipta Sejati benar2 sebagai pengembang. atau adakah tempat untuk mengecek hal tersebut

    Terimakasih banyak mbak Hilda

  30. @Allen
    ya dalam bentuk tertulis dunk….

    “untuk tulisan anda yg “tiga apatemen murah menjajal pasar” informasi itu anda dapat dari mana?”

    –Wawancara langsung tatap muka.—

    “karena saya belum yakin benar bawah PT. Inten Cipta Sejati benar2 sebagai pengembang. atau adakah tempat untuk mengecek hal tersebut”

    — yang namanya menyelenggarakan pembangunan baik konsep maupun penjualan dan bahkan fisik bangunan itu namanya developer. yang jadi pertanyaan adalah apakah mereka developer putih atau hitam? PT Inten Cipta Sejati itu adalah anak usaha Grup Cempaka Bersama yang mengembangkan apartemen Margonda Residences. Silakan cek apartemen yang sudah eksisting itu di Jl Raya Margonda

  31. maksud saya apakah ada kemungkinan PT. Inten Cipta Sejati adalah perusahaan fiktif. bagaimana cara mengeceknya dr sumber yg lain. sorry ya banyak nanya. soalnya saya blm berpengalaman dlm hal ini.
    makasih banyak utk bantuannya.

    saya belum menemukan data apakah pengembang yang dimaksud fiktif atau tidak. Yang jelas mereka merupakan anak usaha Grup Cempaka. Mungkin saya bisa sarankan Anda untuk cek ke DPD REI DKI atau APERSI. Sebab setahu saya pengembang yang beroperasi di wilayah Jadebotabek, untuk memperoleh legitimasi, terdaftar dalam dua organisasi tersebut. Jika pun tidak, itu memang bukan suatu keharusan.

  32. Saya mau tanya adakah orang yang telah melakukan pembatalan di apartement Gateway, setelah mendengar issue bermasalahnya pembangunan apartement ini?, lalu bagaimana proses penarikan uang Dp yang sudah terlanjur diserahkan ke pihak Developer.?? dipersulit atau tidak?? mohon infonya… terimakasih sebelumnya

    mbak nadin, silakan bergabung dengan milis apartemen-gateway@yahoogroups.com, di sini Anda akan mendapatkan informasi dari para pembeli apartemen yang bersangkutan

  33. Saya ga percaya ah… kalo ikutam milis krn bisa jadi itu strategi team marketing gateway untuk tahu sejauh mana informasi yang meragukan itu berkembang di komunitas calon penghuninya. Karena saya coba telphon ke kantornya yang saya punya, kok sekedar tanya2 perizinannya aja mereka sulit sekali untuk menjawab bahkan ketika saya minta no. telp orang yang bisa ditanya-tanya mengenai hal ini mereka gak bisa ngasih tahu contact personnya malah saya terkesan dicurigai. AANNNEEEHHHH!!!!

    mbak, milis ini dibuat dari, oleh dan untuk calon penghuni apartemen Gateway

  34. Saya bicara fakta saja ketika saya menghubungi kantornya yang di Harco Mangga dua saya bicara dengan yang bernama Yuli dia terkesan menutup-nutupi soal perizinannya, maka gak salah kalo di Surat Konfirmasi Unit dan Surat Pesanan milik teman saya yang saya cek tidak ada alamat dan no. telp kantor Pusat Bina Karya Jaya Abadi, hanya ada no telp Gateway proyeknya yang di Ciledug, lalu apa ini yang namanya beritikad baik???? kalo mau tes coba aja sendiri telphon ke kantor pusatnya mereka bahkan tidak bisa menyebutkan nama satupun direksinya dengan alasan tidak tahu, jadi sebenarnya dia disitu sebagai karyawan atau Ofiice Boy sih…?? AANNNEEHHH SEKALLLI… jadi apa masih mau ngeles????

    mbak…. calm down mbak. Ini blog saya pribadi. Idealisme saya. Maaf, saya tidak mewakili siapa pun, dan saya tidak memiliki hubungan dengan pengembang apartemen Gateway. Saya hanya memberikan informasi yang syukur-syukur bermanfaat bagi pembaca blog saya. Mengenai ketidaktahuan staf marketing apartemen Gateway, itu bukan urusan saya.

    AANNNEEHHH SEKALLLI… jadi apa masih mau ngeles????

    Yang di atas saya ini semoga tidak ditujukan ke saya ya…. jadi yang masih ngeles maksud Mbak Nadin siapa? Saya hanya memberikan Mbak Nadin informasi mengenai milis yang dibuat oleh para pembeli calon penghuni apartemen Gateway. Perkara kemudian mbak percaya atau tidak, terserah saja

  35. di jakarta selatan juga ada mau apartement lagi loh, tepatnya di daerah gandaria. tapi apartement nya yang kelas menengah atas. harganya diatas 1 M semua. lokasi yang mau dibangun di lahan bekas Grand Champa.
    Konsep bangunan dan namanya juga sudah berubah semua. Produknya akan dilepas kepasar sekitar Oktober. namanya 1 Park Residences t.

    Mas John sales-nya Grand Champa (sekarang 1 Park Residence) ya? soalnya dari 6 komen Anda yang masuk, semuanya mempromosikan apartemen ini. Silakan baca Grand Champa Berubah jadi 1 Park Residence

  36. Halo,
    Sekedar ingin sharing saja. Mungkin jika ada teman-teman yang ingin beli apartemen gateway dapat dipikir2 dulu dengan matang. Paling tidak kemungkinan terburuk jika KPA ditolak bank mempersiapkan diri untuk pembayaran cash bertahap. Ini pengalaman pribadi saja dari developer binakarya group yang merupakan pengembang dari gateway. Saya berencana membatalkan setelah pembelian di gateway karena komit dari developer dan bank DKI yang janji dapat proses KPA saya paling lama 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi sejak 15 April lalu sampai dengan saat ini belum ada proses analisa yang dilakukan untuk saya. DP yang saya masukan sudah mau masuk DP terakhir dan terpaksa saya batalkan. Tapi ketika akan dibatalkan lagi2 developer tidak komit, karena hanya mau mengembalikan 50% dari DP yang sudah masuk (entah apa dasarnya), sementara dalam komitmen dengan sales yang bersangkutan bahwa jika terjadi pembatalan hanya booking fee 1 juta saja yang hilang. Saya coba diskusi dengan orang legalnya (menurut staf developer) Betty Hutagalung namanya. Ibu ini sulit sekali diajak bicara dan duduk bareng untuk membicarakan hal ini. Sementara saya hanya diberi akses untuk komunikasi dengan orang ini, yang lainnya selalu bilang keputusan hanya dapat dibicarakan dengan beliau. Akan tetapi orang ini selalu berusaha defensive dan tidak aspiratif terhadap konsumennya. Hmmm…. saya hanya bayangkan bagaimana jadinya jika kita jadi tenantnya nanti ketika menemui kesulitan. Mudah2an informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang lainnya.

    Terima kasih atas kunjungan Pak Henry dan sharing pengalaman pribadinya. Semoga calon konsumen lainnya dapat mengambil hikmah dan manfaat dari pengalaman Anda

  37. Halo juga Pak Henry,

    Saya prihatin membaca pengalaman Pak Henry ketika melakukan mediasi dengan developer ini. Untuk Pak Henry ketahui dan khalayak umum, merupakan suatu hal yang biasa/lumrah bagi developer untuk memperkerjakan SDM yang dapat menjalankan peran sebagai kepala batu dan muka tembok untuk menghadapi konsumennya sendiri. Saran saya, lebih baik Pak Henry juga melakukan langkah taktis dengan menghubungi advokat untuk membantu penyelesaian masalah anda.

  38. wadooooooooooohhhhhhh!!!!!!!! jadi stress neh…secara udah bayar cicilan yg 5.4jt!!! hik hik..tabungan masa tua nehhh..gimana duong….

  39. saya salah satu pembeli apartemen gateway cileduk, sampai sekarang belum mendapatkan kredit dari bank DKI, bagaimana prosedur penarikan DP saya sebanyak 21.600.000? kira-kira berapa biaya yang akan terpotong, mohon infonya ke ghiebra@gmail.com

    Dear Mbak Ghiebra…. lebih baik ikut milis apartemen-gateway@yahoogroups.com. Di situ akan didapatkan info terbaru mengenai apartemen ini dan juga proses aplikasi KPA. semoga membantu

  40. Dear ghiebra…

    Wah… lebih baik mba membaca klousula baku yang ada dibalik lembar surat pesanan karena mereka akan mengacu pada ketentuan mengenai pembatalan, saran saya siap2 dipotong 50% saja jika memang ingin dibatalkan.
    sedih memang… tapi begitulah kenyataan yang sangat pahit yang harus dihadapi calon pembelinya.

  41. Ya…. “Tuhankan maha adil… ”
    mungkin dengan cara seperti ini proyek Bina Karya Group akan tetap sukses dikemudian hari meskipun terkadang menari diatas penderitaan orang lain…

    Semoga pengalaman pahit dari saya dan rekan2 yang senasib lainnya tidak lagi menimpa orang2 yang sudah membaca blog ini.

  42. @Nadin

    Uang DP Mbak Nadin dipotong 50% ya? so, gak jadi beli unit Gateway dunk….. turut prihatin 🙂

  43. To Hildalexander

    Ya… begitulah pengalaman yang saya alami, tapi bagi saya untuk saat ini lebih baik rugi yang jumlahnya masih belum terlalu besar dari pada nantinya berpotensi untuk rugi lebih banyak lagi dimasa yang akan datang.

  44. **** lu semua orang sirik gak bisa beli apatemen bisanya cuma ngejatuhin aja…

    Anda yang bernama rommie (IP: 125.161.180.215 , 215.subnet125-161-180.speedy.telkom.net.id)
    E-mail : rommie@yahoo.com, harap berkomentar dengan sopan

  45. Mas Rommie…
    Tolong sedikit obyektif dan ambil manfaatnya jangan asal komentar. kalo sekedar mau nyela yg tidak jelas mendingan buka blog lainnya yang lebih pas dengan gaya anda.
    terimakasih.

  46. Hi.. semua…
    Sekedar informasi bagi calon penghuni Gateway, terakhir kemarin siang lewat lokasi gateway depan kampus Budi Luhur, masih tetap belum ada aktivitas yg berarti hanya alat2 berat yg sudah 1 (satu) bulan di pajang di lokasi tetapi tidak dioperasikan sebagaimana mestinya.

    info lain ada kemungkinan mereka belum ada IMB nya karena papan Izin IMB proyek ini juga belum terpampang di depan lahan lokasinya sehingga mereka belum bisa memulai pembangunan. mungkin karena sulit mengurus amdalnya dan hal ini bisa jadi disebabkan karena disamping Show Room Toyota ada jalan menuju komplek Deplu dan tepat di depan auto 2000 merupakan daerah langganan banjir yang saat hujan deras 2 jam saja sudah banjir sepinggang orang dewasa, jadi ada indikasi terbentur pada masalah itu sehingga mereka sulit mengantungi izin dari warga sekitar yang kawatir aksesnya terkurung dan berpotensi banjir lebih parah pasca apartement gateway itu berdiri.

    Semoga bermafaat bagi yang lainnya, karena kebetulan saya tinggal di cipadu jadi akses pulang dan pergi selalu melalui apartement Gateway.

    Terima kasih.

    Yup… terima kasih infonya… sangat bermanfaat

  47. mas rommie yth, saya melihat dari tulisan anda sangat tidak etis. Bukankah kita semua pernah diajarkan mengenai sopan santun dalam berkomunikasi dalam pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA dst. Saya menilai tulisan itu memberi kesan ketus, sombong dan sok kaya. Dan satu hal lagi, anda sudah menilai semua orang yang ada di blog ini tidak lebih mampu dari dirimu. Ingat pribahasa “Mulut kamu, harimau kamu”. Diatas langit masih ada langit mas. Betul mbak moderator?

    hehehe setuju saja saya mah… saya gak mampu dan berhak beli Gateway Mas 🙂

  48. Hallo semua…

    Sekedar informasi bagi yang memerlukan berikut saya cantumkan no telp. Developer Apartement Gateway, PT. Bina Karya Jaya Abadi 021-62307409 contact person dengan bu Betty Hutagalung bagian legal atau bu Endang customer relation developer ini, mungkin bagi anda yang membutuhkan bisa bertanya langsung atau complain mengenai proyek Gateway yang bermasalah ini. thanks

    terima kasih Mbak informasinya

  49. Saya bingung membaca informasi yang simpang siur doi blog ini. Coba mas2 n mbak2 lihat sekarang, disana sudah ada nama kontraktorenya dan mulai memasarkan area bisnisnya. Btw, trimakasih infonya, kalau bisa disamping millinglist, kita konsumen gateway apartement bergabung dalam 1 club house dan saya sipa menjadi hostnya, saya ada di flexy 021.70025388 atau di hp o81319272669. Saya fikir kalau kita bisa berkomunikasi dan bersatu, konsumen bisa menjadi kuat dan punya posisi tawar yang seimbang dengan produsen. Ayo, saya tunggu kontak dari para konsumen gateway, hayo kita bersatu dan pasti bisa. Salam.

  50. Hi…..
    kayaknya saya korban selanjutnya…..
    Saya juga sudah membli apartemen gateway….
    Saya selalu menyakan prose apartemen saya di Bank DKI dan akhirnya berbicara dengan bagian aliansi Ibu sapa saya lupa namanya. Intinya memeng ternyata sampai saat ini belum ada PKS antara Bank DKI dan Binakarya jadi KPAnya semuanya masih menunggu PKS tersebut. Kita memang dipihak yang sangat lemah. Ketiak saya membaca pasal perjanjian dibelakng surat pembayaran Gateway memang jelas-jelas tertulis apabila terjadi pembatalan DP hanya bisa dikembalikan 50 %, namun tidak ada pasal tambahan yang menyebutkan sebab pembatalannya apa. Apabila dari sisi developer yang broken promise alias pembohongan publik karena di selembarannya skedul pembangunannya bulan Juni sudah mulai … tapi sampai sekarang. Berarti ini sebenarnya kategori force mayor yang seharusnya uang DP bisa kembali > 50 %. Fuih…… Terjebak oleh iming-iming RUSUNAMI. Tapi mestinya pemda juga harus bertanggung jawab, karena ini juga proyek dia. Saya rasa kita bisa menang karena ini kegagalan ONE Prestasi tidak Achieve target….

    Huh… SEmoga bisa cepet selesi. nanti saya tanyakan ke legal saya.

    Thx. Cita
    08568541068

  51. To All calon pembeli dan pembeli yang akan menjadi calon penghuni….

    Mohon diperhatikan sekali lagi, apakah sudah ada MoU dan PKS antara Bank DKI dan Bina Karya? Bagaimana dengan aspek legal seperti perijinan, dan status lahan. Perijinan tidak sebatas SIPPT, IMB, juga apakah sudah memiliki sertifikat layak huni, jika akhirnya Gateway jadi terbangun….

    Sekadar share saja, terima kasih.

  52. Dear Mbak Hildalexander,

    Terus terang saya baru pertama kali membaca blog anda setelah sering dikirimkan linknya oleh salah satu boss saya hehehe.. Tips untuk membeli apartemennya akan saya teruskan untuk kakak saya yang berencana membeli Gading Icon di Pulogadung, Apakah mbak ada informasi mengenai Gading Icon?

    terimakasih dan sukses selalu

    Bos yang mana neh Mbak?…… Gading Icon dikembangkan oleh PT Mahardhika Propertindo. Lokasinya di Jl Perintis Kemerdekaan, Jaktim. 3.000 unit harga sekitar Rp92 juta (21 m2)-Rp144 juta (36 m2)…. ini apartemen bersubsidi…

  53. Para konsumen gateway, saya sarankan supaya sering2 datang ke lokasi n qt bisa lihat langsung progresnya. Bagi pengembang dengan seringnya qt datang ke lokasi mereka juga akan mikir untuk mempermainkan qt. Kapan2 kita konsumen gateway ngumpul yuk disana n ajak dialog pengembangnya, saya rasa dialog adalah jalan yang paling menguntungkan dan bisa memuaskan semua pihak. Siapa berani menjadi trensetternya dan aku siap menjadi followernya………………

  54. Saya mau tanya apakah sudah ada yang menjalankan KPA dengan Bank DKI ?

    setahu saya belum ada Mas…

  55. Mbak2 dan mas2 konsumen gateway. Sabtu kemaren saya kesana, memasukan dokumen teman saya yang juga ambil 1 unit. Menurut penjelasan petugas di kantor pemasaran gateway yang bernama rina (pengganti rini yang melahirkan) KPA sekarang proses dg BTN. Saya tanya apa sudah ada MOU antara developer dg BTN, jawabnya sudah. Jadi coba deh rekan2 konsumen gateway yang merencanakan pembelian dengan KPA tanya lagi bagaimana yang sebenarnya proses KPA… Mudah2an tidak ada yang dirugikan dan yang penting tanya dan dialog dg pengembang atau tim nya. Ok. gbu

  56. Dear all…

    Hanya sekedar saran, coba bicarakan via telphon secara baik-baik barangkali mereka mau diajak bicara dan duduk bersama untuk memberi penjelasan, tapi saya rasa mereka itu sulit diajak bicara n duduk bareng, kalo mereka ngulur waktu terus masukin koran aja pasti mereka akan ngundang para calon pembelinya untuk bicara, sebab mereka punya kepentingan dan masih jualan meskipun belum mengantungi izin.

    Hal-hal seperti ini jangan dibiarkan, Lama-lama sih developer bisa bangun apartementnya dari hasil tipu sana sini…. mengambil kesempatan dalam kesempitan konsumennya yang terjebak perjanjian kousul baku yang di buat sepihak.

    Thx semoga bermanfaat….

  57. Hallo mbak liz dan mbak cita……. bagaimana dengan program anda berdua tentang gateway, ada info terbaru tidak ?

  58. Mbak Hilda,
    URGENT – Tanya donk, saya sempat bayar Booking fee dan DP apartemen Gading Icon, tetapi saya mau membatalkan karena ada kesulitan keuangan. Apakah DP yang telah saya setor bisa dikembalikan ??? Untuk booking fee Ro. 1 juta ngga papa terpaksa saya relakan .
    Mohon advisnya mba .. Thanx ini HP saya 021-70440552 (Flexi)

    DP bisa diambil kembali Mas… minimal 50%. Maksimalnya Mas harus pandai-pandai mengajukan argumentasi dan meykinkan mereka bahwa untuk apartemen bersubsidi DP memang harus kembali. By the way, berapa DP yang telah dibayarkan?

  59. Dear Mba Hilda,

    Trims respondnya, DP yang telah saya setor Rp.2,7 jt an. kalau boleh tahu biasanya prosedurnya bagaimana ya ?

  60. Oh, ya Mba Hilda yang baik hati, kalau boleh tahu refernsi aturan / ketentuan kalau DP bisa diambil kembali min. 50% ada dimana yach ?? Pls donk….

  61. Mas Yanto bisa menghubungi langsung bagian staf marketingnya yang awalnya menawarkan apartemen ini kepada Anda. Perlu diperhatikan juga, awal perjanjian ketika Anda beli seperti apa? apakah marketingnya menjanjikan DP bisa kembali jika Anda membatalkan pembelian. Yang berlaku umum seperti itu Mas, DP 50% kembali. Ini minimal. Kalo rumah biasanya cuma dipotong 25% dari yang telah disetorkan….

  62. Mbak Hilda yang baik, terima kasih banyak atas advisenya. You’re very kind…Warm rgds

  63. Dear Moderator,
    sy tertarik dengan Casablanca east residence yang lokasi di Pahlawan Revolusi Pd bambu, kemarin say sudah ngecek kesana. lokasi masih tanah kosong. harga unit 144 jt subsidi / 158 non subsidi (33 M) view pool 17 jt, view gedung 15 jt, view ke arah sudirman 11 jt. tiang pancang awal januari 2009, lama pengerjaan +/- 18 bulan. Developer Binakarya propertindo katanya seh group agung sedayu. Bisa minta informasi status tanah dll nya . Rencananya sy mau DP kamis besok. Mohon infonya yak?

    ini pengembangnya serupa dengan Gateway…. saya belum cek status tanahnya Mas… hanya saja tips yang saya tulis di atas bisa jadi bahan pertimbangan untuk membeli apartemen

  64. mungkin sebagai saran, pastikan untuk membaca SKU (SURAT KONFIRMASI UNIT) yang bapak/ibu tanda tangani waktu membeli unit apartement (setelah booking fee) hal ini berlaku untuk semua jenis property karena segala ketentuan mengenai hak dan kewajiban konsumen sudah tercantum di dalamnya.. dengan menandatangani form tersebut berarti bapak/ibu sudah menyetujui semua klausul, termasuk jika terjadi pembatalan pembelian unit..

    Sebagai tambahan rata2 developer besar akan memasarkan produknya terlebih dahulu sebelum pembangunan karena proses perijinan memakan waktu sangat lama (6bln s/d 1thn tergantung jenis perijinannya) sebenarnya hal ini adalah prinsip ekonomi yang sangat wajar mengingat ketatnya persaingan di bisnis property.

    Saya rasa selama unit diserah terimakan sesuai jadwal yang tercantum di PPJB kenapa harus dipermasalahkan?

  65. Saya saat ini memiliki Srt Pesanan Apartemen Gateway Tower C6 No. 12 (lt. 5 loh). Sdh DP ke 2 sekitar Rp 11, 8 juta (+view). Bermaksud ingin mengalihkan/menjual srt pesanan saya karena setelah menimbang2 .luas apartemen terlalu kecil karena anak sy sdh mulai besar (tdk sy perhitungkan dari awal) dan proses yang terlalu lama dengan KPA serta proyeknya (pengen cepet2 pindah dari rumah ortu.. hehe).
    O..iya pihak developer meminta biaya Rp 2juta untuk alih nama pesanan (bisa nego sih dengan saya). Jika ada yg berminat dapat dikirimkan via Email yogi.varen@gmail.com. Untuk bu hilda, terima kasih buat ruang commentnya ya :). Salam

  66. apa ada yang bisa memberi info mengenai gading icon? terutama mengenai sertfikat tanah dan pengembangnya (produk2 sebelumnya)..

    Thank you ya..

  67. rekan-rekan yang senasib….

    gimana ya caranya supaya saya bisa menarik dana saya di Apartemen Ciledug sekitar 40 jt lebih,,ada yang tahu solusinya ga?kalau lewat jalur pengacara gimana ya?

  68. baru aku kepikiran mau ambil 1 unit di gateway.
    tapi begitu baca forum ini,jadi ragu sebaiknya ambil atau tidak?
    menurut kalian semua bagaimana?soalnya dilihat dari harganya itu sangat reasonable sekali.
    advise?

  69. Numpang sharing.
    GATEWAY MERUBAH PERJANJIAN SEPIHAK :
    Saya merasa ditipu oleh Developer Gateway. Sesuai perjanjian saya sudah melunasi DP sebesar 21.600.000 plus biaya view kolam renang 6.000.000. Saat dipanggil utk PPBJ, saya disodori KENAIKAN DOWN PAYMENT sebesar 7.200.000. Alasannya , ini permintaan bank karena DP sebelumnya terlalu kecil. Saat saya keberatan, dan ingin membatalkan pemesanan, mereka memotong DP sebesar 50%. Kesalahan perhitungan DP antara developer dan pihak bank ternyata dilimpahkan ke konsumen. Lebih baik pikir2 sebelum membeli apartemen Gateway

    tx

  70. melihat artikel sebelumnya, proyek gading icon berpotensi amdal juga, mengingat daerah gading icon adalah daerah tanah resapan dan lokasi rawan banjir.

    • wah saya dah DP penuh di gading icon. setelah saya cek pembangunannya ga mulai juga mpe sekarang. padahal mreka janji serah terima Juli taun depan. setelah saya telpon marketing nya bilang mreka ga bakalan bisa serah terima bukan july, plg tidak jadi akhir taun depan, itupun belum tentu, kerjaan konstrucksi belom dimulai. gimana yah..solusinya ?? kalo duit dp nya diminta balik kena potongan berapa? saya sangat kawatir dengan situasi ini . kita sebagai konsumen ga berdaya samasekali

  71. wah, baru saja kepikiran mo ngambil unit disana. makasih buat info2nya yaah…

  72. jadi sebaiknya bagaimana yah?
    beli atau tidak? karena saya melihat pembangunan masih berjalan terus tapi setelah baca forum ini,saya menjadi ragu.
    alasan mau ambil gateway untuk menghindari banjir,karena rumah saya tiap tahun banjir.

    mbak silakan ikut milis apartemen-gateway@yahoogroups.com, ada banyak teman yang bisa berbagi

  73. Untuk Bapak Andi,

    kebetulan saya ada temen yang bertugas di bag. KPA di Bank DKI.
    Mengenai dikenakan nya tambahan dana untuk DP itu memang keputusan dari Bank nya. Berapa besarnya berdasarkan analisis berkas2 consumen.
    Info dari temen saya itu, saya juga harus nambah DP.

    ada yang pesan di tower D tidak?
    apakah yang pesan di tower D sudah ada yang ttd PPJB?

  74. @Iim Fuad
    Saya baru saja di call oleh bank DKI masalah KPA, disetujui tetapi tidak semua nya sesuai dengan analisa kredit. Dan memang banyak yang mengundurkan diri. Kerjasama dengan bank DKI baru saja di tanda tangani lebih kurang 3 minggu. Jadi semua yang mengajukan KPA melalui bank DKI, baru saja di proses. Saya mengajukan kredit 122juta tetapi hanya di setujui 77juta, jadi DP nya banyak yang harus ditambah lagi. Dari pihak bank DKI bilang kalo sudah ok baru saya boleh menambahkan DP yang sisa nya. Jadi sekarang menunggu dulu. Nanti di call lagi dari pihak bank DKI.
    Info lain pembanguna di gateway sekarang mulai cepat, mereka kerja sampe jam 11 malam, dan sudah keliatan lah tiang2 gedung nya.
    Bagi rekan2 yang udah pasti ambil gateway, boleh lah kita kontak2. HP saya di 02132720751

  75. @lis

    Kemarin saya ditelpon juga dengan Bank DKI & Gateway
    Katanya saya ada penambahan DP untuk Gateway sebesar 7.5 juta dapat di cicil 3 kali …
    Kalau kamu harus tambah berapa ?
    Ambil kredit yang berapa tahun..

  76. Bagi yang mau rencana ambil apartemen Gateway, saya mau over kredit niy…DP dah dibayar lunas…email ke MArdiyanto@bankmega.com. Thanks

  77. Denger2 tentang pembatalan maka DP hanya dikembalikan hanya 50% kok yah nyakitin banget yah….kita perlu demo tuh developer dan kita aduin ke DPP REI…..Jangan seenaknya motong DP nambahin DP lagi….

  78. Mbak lis, saya insyaaallah pasti ambil, karena saya sudah nyiicil yang ke 6. Ngomong2 apa semua konsumen tidak bisa dapat KPA lebih tinggi dari itu dari bak DKI, aku punya teman yang udah lunas DP 22 jt lebih itu, tapi belum masukin dokumen KPA nya………. Gbu mbk?

  79. Dear mbak Hilda,

    Agak sedikit menyimpang dari judul ‘Gateway’, aku mau konsultasi juga nih, soalnya kalo baca comment2 yang ada jadi agak khawatir juga karena aku baru booking 1 apt di casablance east residence yang pengembangnya adalah binakarya agung propertindo juga, bagaimana sih profile perusahaan tersebut apakah cukup bisa dipercaya?? dan waktu itu sempat dijelaskan juga oleh marketingnya kalo ada biaya view mencapai 18 juta yang menghadap ke s pool, kayaknya kemahalan banget ya??? karena berdasarkan tulisan2 yang ada menghadap view itu biayanya hanya mencapai 6 juta, jadi sebaiknya gimana ya apakah dibatalkan saja sebelum DP 1 di transferkan??? mohon saran, thx

  80. Dear semua,

    Saya baru telpon ke Bank DKI, menurut keterangan mereka pengajuan KPA saya ditolak 😥 kata mereka KPA bisa diajukan ke bank lain. Saya ingin menanyakan ke rekan2, langkah berikutnya saya harus bagaimana? saya baca diatas katanya developer Gateway Apartment bekerja sama dengan bank BTN, apakah ini benar?

    terima kasih.

  81. Saya dapat pemberitahuan dari Bank DKI bahwa kredit saya sudah di setujui dan di kasih copy SPPK (surat pemberitahuan persetujuan kredit), tinggal menunggu akad kreditnya yang masih belum jelas. dan saya tidak perlu nambah DP yang 5% lagi, karena kreditnya disetujui sebesar Rp. 122,4 juta jangka waktu 15 thn. tapi bunganya itu lho yg naik jadi 15% sehingga cicilan perbulanya membengkat menjadi Rp 1.744.374,- padahal dulu pas sekitar pengajuan bulan bulan april 2008, iliustrasi cicilannya masih sekitar Rp 1,3 an per bulan, sehingga waktu dulu ngajuin kpa, itung2 cicilan buat kost saya, tapi dengan naiknya bunga jadi agak berat juga, trus saya juga harus bayar PPN 10% (Rp 14,4 jt karena saya non-subsidi, trus bank DKI and apt gatewaynya minta PPN itu dilunasi sebelum kredit di realisasi, trus saya bilang saya hanya akan banyar PPN beberapa hari sebelum akad kredit saya diputus, dan mereka menyetujui permintaan saya, jaga2 saja sih takutnya KPA saya tidak disetujui, dan nanti PPN susah lagi diminta atau kalau bisa takutnya dipotong lagi. tapi berdasarkan informasi temen saya sekarang pembangunnya sudah lantai 3 🙂

  82. Hallo rekan2 konsumen gateway, sudahlama tak komunikasi karena kesibukan. Minggu kemarin ada yang telpon saya namanya mas Alif, katanya juga konsumen gateway, ada apa ya mas, karenasaat itu saya lagi di sengigi jadi ngggak sempat ngobrol, ada apa ya mas?
    Oh ya konsumen gateway, ada yang lihat tidak proses pembangunan gateway dan ngikuti progres pembangunan nya tidak ? Sya melihat kok tiang2 besinya atau besi yang digunakan oleh gateway kok kecil2 banget ya? ada yang tau tidak bagaimana tuh kelayakan pembangunan sebuah apartemen atau bangunan bertingkat? Kemana kita tanya hal itu ya atau ada yang yang tau lembaga atau instansi yang berwenang mengawasi pembangunan gedung bertingkat? Tolong info ya terutama rekan2 konsume gateway mohon atensinya. Thankssssssss

  83. Wow, Getaway kan deket ama rumah dan kampus saya tuh, depannya kampus, kalo banjir, mau ngungsi kemana ya ? Getaway mau nampung ??

  84. Makasih semuanya, info sangat berguna. Maklum lagi milah-milah milih-milih dan mikir-mikir secara masih ngontrak per bulan 800rebu euy. Apartemen Lebak ada info???? soalya paleng deket ama kantor. Ada juga Apt Pakubuono cuma selangkah, tapi harganya sejuta langkah 😀

    Lebak Lestari itu saham mayoritasnya Grup Pikko. Pakubuwono oke tuh sejauh ini….

  85. mbak hilda yang muanteb (bahasannya lho….)terimakasih buat pencerahannya,memang permasalahan mengenai apartemen bersubsidi perlu diketahui oleh masyarakat,saya sangat mengharapkan ada berita2 lebih lanjut dari mba hilda mengenai apartemen yang lainnya seperti misalnya casablanca east residences,kalibata residences dan cibubur village, karena cukup banyak problem yang timbul dan dipostingkan oleh konsumen dari masing2 apartemen tersebut di beberapa website,tentunya hal ini juga perlu mendapat perhatian dari pemerintah khususnya YTH BAPAK MENPERA REPUBLIK INDONESIA TERCINTA ,agar dapat memberikan pengawasan kepada developer yang mulai nakal…trims mba…..mohon pencerahan lebih lanjut…..

  86. Bagi yang mau rencana ambil apartemen Gateway, saya mau over kredit niy…DP dah dibayar lunas…email ke dianingputri@yahoo.com

  87. untuk uang view gateway apart itu sbenarnya brp sie mba? sy ambil 1 unit dgn pembayaran uang view sbesar 12jt. n sbenarnya kgunaan uang view itu untk apa y mba?

    besarannya tergantung negosiasi mbak ade dengan marketing bersangkutan. Ada beberapa konsumen cuma membayar sebesar Rp2 juta, Rp3 juta, dan Rp6 juta. Kegunaannya siy ya untuk konsumen sebetulnya, view tidak terlalu urgent. Kecuali kalo memang konsumennya mau memiliki unit dengan pemandangan eksklusif ya terpaksa harus merogoh kocek lebih dalam…

  88. Ada yg sudah melakukan pembatalan apartemen gateway?apakh benar dp d kembalikan 50 %?prosedur gmn?

    Thx
    Cita
    08568541068

  89. kebetulan saya ngambil di CER krn developernya sama. update terakhir minggu 8 Feb 2009 kebetulan lg lewat jl cileduk raya ngelewatin Apartemen Gateway yg sedang konstruksi kalo tidak salah sudah sampai lantai 8 atau 9. Mudah2an developer ini bisa dipercaya.

  90. […] clipped from hildalexander.wordpress.com […]

  91. ada info ga mengenai status “Bogor Valley” Residence, yg jg apartemen bersubsidi? Selebarannya malah bilang bebas PPN, harga mulai 80jt-an. Letaknya sih di lembah sempit sebelah Hypermart (bekas mega M) dulu, dan smp skrg mrpkn lahan kebun. Tp sy krg pasti apkh itu bukan termasuk daerah resapan air, krn sy lht lokasinya memang spt daerah resapan/pengaliran air yg terbntk alamiah (sorry, sy krg bgtu paham dlm analisa amdal). Tmpt itu mmg berpotensi macet. Tp sy tdk berencana bermobil, krn kend.umum dr situ k kntr tdk repot. Ada komentar kah?

  92. ada info kah tentang Bogor Valley Residences yg sdg dipasarkan, tp blum ada tanda2 kegiatan apa pun? jug tdk ada papan pemberitahuan ttg kegiatan pembangunan. Oh ya pengembangnya jg Binakarya Propertindo Group. Slebarannya blg apartemen bersubsidi dan bebas PPN. bgmn statusnya??

  93. Ternyata Gateway membuka 1 lantai baru lagi, 8A… dan harga view ada yang 16 juta…
    Bagi yang masih berminat Gateway, saya mau overkredit nih. DP udah lunas. hubungi saya di 02132720751

  94. Salam semua…
    Saya baru saja menemukan blog ini. Saya bingung sekali dengan perubahan2 yg dikabarkan ke saya lewat bank ataupun gatewaynya. Dari mulai penambahan DP, kenaikan bunga, dan baru2 ini bank DKI tanpa sebab bilang saya tidak bisa kredit utk 15 tahun. Marketing yg mengurusi apartemen saya selama ini yaitu Yadi Dang, tiba-tiba saja ketika ditelpon bilang kalau nomor itu bukan nomor Yadi lagi karena sudah diberikan pada temannya. Saya bingung sekali. apa yang harus saya lakukan.
    Apa sudah ada yg melakukan pembatalan? berapa uang yg kembali?
    tolong kabarkan saya di 08158988418 atau myolakasia@yahoo.com

  95. aku juga mau over kredit. dp ud lunas.. yg berminat hubungi saya.. 08158988418 atau myolakasia@yahoo.com

  96. Hi Teman-Teman,

    Aku sudah lunas bayar DP di Apartemen Gateway, aku mau overcredit jadi bagi yang berminat silakan hubungi saya di 0888 811 7299 atau bahasa_ina@yahoo.com

  97. saya hendra, saya juga sdh masuk dp full u.tp. studio,….KPA
    sy ditolak bank DKI, dan sedang mengajukan via BTN,…..
    yg buat sy ga ngerti bila mana ditolak dipotong 50%???
    ko tega banget ya,….katanya u. bantu org yg ga punya rumah?
    tapi ko saya merasa tertipu & tertindas,….kemn saya hrs memperjuangkan ini???

  98. apa ada yg senasib dgn saya???

  99. Hai, bagaimana perkembangan terakhir Apartment Gateway yach…??? Kira2 recommended nda untuk di Beli….

  100. rani tertarik mau beli? aku mau jual kebetulan.. hubungi 08158988418 atau myolakasia@yahoo.com

  101. saye tertarik beli 1 unit di apt. gateaway, cuman tkt nya daerah ciledug banjir, gimana boss, ada yg bisa kasi info?

  102. […] pun mendengar banyak permasalahan dalam pembangunan gateway ini, seperti sumber mengatakan […]

  103. Saya membeli apartemen di Gading Icon, dan sudah membayar penuh DP sebesar 16,5 jt yang di cicil selama 4x, tapi kenapa sampe sekarang belum ada tanda-tanda di bangun ya? jadi agak ngeri juga, kira2 kalau sudah PPJB hak kita sebagai konsumen kuat atau tidak ya?? ada yang tau PT. Mahardika Propertindo ini beres atau tidak yah? thx.

  104. Sy sdh lunas dp di casablana residence total 43 jt (+biaya view) kbetulan sy pindah tugas,sy mau jual sj krn akan lm tugasnya..kamar hook dan view s.pool. ada yg serius berminat?biaya blik nama 2 jt ,kita bg 2.bisa email sy di

  105. Mau info apakah sampai detik ini gateway msh bermasalah? Krn saya ditawarkan oleh saudara saya yg over DP, lalu katanya januari 2010 sdh bisa lsng ditempati. Mohon infonya

  106. Kebetulan saya tinggal dekat dengan apartemen tersebut 😀 memang lahan kosong itu salah satu tempat resapan air apalagi kalau lagi banjir (maklum kreo, petukangan dan sekitarnya rawan banjir)
    mengenai pembangunan apartemen sih saya kurang tau ijinnya, yang jelas saya juga sempat tertarik membeli, tetapi setelah tanya2 dan melihat2 saya putuskan untuk berpikir2 dahulu, nah baru saja hari itu saya dtg ke tempat marketingnya eh malemnya udah ditelponin sampe setiap hari ditelponin
    karena risih akhirnya saya putuskan batal. Janji dapat ditempati sih awalnya akhir 2009, entah mengapa sekitar bulan oktober 2009 saya melihat spanduk di daerah petukangan bahwa penyerahan kunci januari 2010???? ini meleset jauh sekali.
    Sekarang sih kelihatannya sudah selesai, diluar saya lihat finisihingnya sih kurang, klo dalemnya kurang tahu, tapi saya lihat sepi2 saja, nggak ada aktifitas apa2 disini …. saya sih penasaran, emangnya kapan yah mau ditempatin?

  107. tolong informasi nya Mbak Hilda mengenai KALIBATA RESIDENCES

    • Kalibata Residences dikembangkan oleh Grup Agung Podomoro. akan menghimpun apartemen sebanyak 4.000-an unit. Harganya sekitar Rp189 jutaan (tergantung lokasi, view, dan ketinggian lantai). Kalibata Residences merupakan jenis anami (apartemen sederhana milik) yang bukan bersubsidi tapi harganya murah.

  108. Hati2 kalau berkomentar.
    apatementnya sekarang sudah jadi kok….
    Anda salah menulis,bukan di kota tangerang ,gateway di jaksel.

    • Halo Mas Andi…terima kasih sudah baca blog saya. Artikel ini saya tulis, jauh sebelum apartemen ini jadi. Saya menulis sesuai dengan aktualitas dan realitas pada saat itu. Jadi, hati2 kalau mau berkomentar ya, baca dulu tanggal posting tulisan ini….

  109. Halo mbak Hilda, halo semua..
    saya mau nanya kira2 gmn kabarnya apartemen gateway saat ini ya?
    Kira2 apa sudah aman buat beli unit disana..
    Saya ditawari marketingnya 1 unit (2 BR, luas 33m2) lantai 15 seharga 178jt (incl. view 20jt),kemahalan ga ya?
    Mohon saran mbak Hilda atau teman2 sekalian..
    Thks..

    • sudah serah terima kepada konsumen…… Untuk saat ini pengelolanya amsih developer blm terbentuk perhimpunan penghuni

      • mbak hilda saran sj melihat kondisi bangunan yg sdh diserahterimakan sepertinya perhimpunan penghuni tidak perlu buru2 dibentuk sampai developer selesai memperbaiki kekurangan2 dlm unit maupun sarana pendukung lainnya

  110. Dear All, diberitahukan kepada semuanya, Apartement Gateway sudah jadi dan per tanggal ini (06 Juli 2010) sudah lebih dari 90 unit yg telah ditempati, yg menyatakan bahwa apartemen ini aman, kebetulan saya ambil satu unit dan sedang dilakukan pembersihan, hehe.. =)

    smg info dr saya bermanfaat sehingga tidak menimbulkan keresahan2 seperti awal2 saat akan dibangun.

    Thx.

    • bpk fikar jgn seneng dl sdh terima unitnya,nanti byk problem yg bakal diterima sprti saya,sprtinya bangunan asal jadi.btw info sj stlh 3bln serah terima kekurangan bangunan br kelihatan, bocor sdh pasti,dinding sdh mulai retak2 apalagi dinding sisi luar,bnr2 kecewa dgn hasil bangunannya

  111. hore sudah terima unit apartemen digateway,tapi sengsaranya harus renovasi besar2an,sengsaranya lg klo hujan, unit kebanjiran,kamar mandi menerima kebocoran dr unit atas,blon lg diarea balkoni rembesan air sudah seperti bocor.Nasib beli apartemen gateway

  112. mbak hilda ada apertemen baru di cakung konsepnya Jakarta Ecogreen, namanya gak ada, saya dpt brosurenya aja. harganya 65juta, pengembang PT. SEJAHTERA NYATA ABADI, kira2 mbak hilda tau gak tentang pengembang dan rusunami ini, makasih mbak

    • mohon maaf mbak umi, saya belum dapat informasi mengenai apartemen ini. terima kasih atas info awal yang diberikan, insha allah akan saya telusuri….

  113. mohon infonya, apa sudah ada yg tinggal disana, apa yang perlu dipersiapkan, karena saya diminta menempati punya adik, terima kasih

  114. hi all
    saya juga termasuk salah satu yg tertarik untuk beli unit di gateway. tp setelah baca2 komen kok jd ngeri jg ya..
    yg ditawarkan pada saya 1 unit (2BR) seharga 158 juta + 25 jt untuk view. gilak sih. menurut saya viewnya mahal banget! apalagi harga untuk semua view disamaratakan. lha terus apa maksudnya bayar untuk view ya?
    tp krn lokasi dan harganya termasuk logis untuk kondisi keuangan kami saat ini, jd saya masih tertarik sih… cuma mungkin harus tega nawar ya 😦
    buat mbak hilda dan teman-teman yang mau kasih masukan, saya tunggu ya..
    thanks berat.

  115. nitip lapak swewa apartemen ini ya 😀

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6132242

    bisa dicek itu gan ..

    udah banyak yang tinggaal sekarang

  116. Pengembang Apartemen Gateway adalah PT.Binakarya Agung Propertindo. Developer ini sangat layak mendapatkan bintang 1 (dari 1 – 5; 5 yang paling bagus). Mohon jangan berurusan dengan developer yang satu ini karena selain kasus di gateway, developer ini telah melakukan wan-prestasi dan penipuan semua customer yang di Casablanca East Resident yang terletak di Jl. Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Customer sangat dirugikan karena terjadi pengurangan luasan unit apartemen yang seharusnya 35 m2, realitanya cuma 30 m2. Telah terjadi penurunan spesifikasi yang seharusnya menggunakan lantai keramik merk “Mulia” realitanya bukan, hanya keramik standar. Selain itu juga kualitas kerja yang jelek dan asal-asalan, misalnya posisi WC yang terlalu dekat tembok sehingga tidak ada ruang untuk kaki. Tembok retak-retak dan plesteran sangat jelek. Bintang-1 sangat cocok untuk developer yang satu ini.

    • Rating-nya boleh juga tuh Pak. Tp apakah penyematan bintang masih laik? Setahu saya, bintang itu adalah pencapaian prestasi.
      Anyway, thank you so much for reading my blog…

  117. teman – teman, mohon info untuk apartemen gading icon dan pramuka dong. saya berencana untuk beli, tapi masih takut takut karena belum familiar dengan pengembangnya

    • hanya sekedar info, untuk share saja, saya tidak tahu apakah ini membantu atau tidak, saat ini di apartemen gading icon bukanlah apartemen yg aman dikarenakan sering terjadinya pembobolan unit(pencurian), saya salah satu korbannya, sampai saat ini yg saya tahu sejak bulan mei sampai saat ini sudah ada 9 kejadian, dan bagian pengelola pun tidak dapat bertindak, saya sangat kecewa

  118. Dear mba Hilda,sy mau curhat nih.Hati panas,kesel &muak krn smp saat ini saya tdk prnh mdptkn unit apartemen sy di Gateway pdhl sy sdh bayar 96 jt alasannya sy tdk membayar cicilan,pdhl sy blm mdpt PPJB,awal mau KPA ktnya ditolak oleh BNk BTN pdhl sblmnya sy prnh KPR lancar2 aja tuh pengajuan kredit sy dg jmlh yg jauh lbh besar.Sakitnya lg unit sy disewakan tnp seijin sy kpd pihak lain tnp sepengetahuan sy,waktu sy blg akan sy lunasi sj kekurangannya mrk menerapkan harga yg jauh diluar harga awal yg cuma-+ 150 jt an mjd hampir total 250 jutaan.GILA dan sekarang unit sy dijual ke org lain tnp sepengetahuan saya. emang BIADAB org marketingnya setiap sy mau slesaikan sy dilempar kesana kemari dibikin capek & stress.Habis waktu sy hny utk membereskan mslh ini tnp ada jln keluarnya.Unit sy ada di lt B2 no 2view kolam renang.mereka hny mau mengembalikan uang sy 24 juta.Bener2 binatang gk punya hati nurani developer ini udah uang sy diambil,unit gk prnh sy terima skrg unit tsb dijual lg ke org lain.Unit blm prnh sy tempati sama sekli.sblm dijual bbrp kali sdh disewakan kpd org lainshg unit yg sy pesan sdh jorok,kotor dan gk baru lg.Please HELP klo ada yg mengalami nasib sama kita bersatu bt menindak developer beserta marketing yg gk bertanggung jwb ini!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: