Perumahan Terbaik

Inilah hasil survey perumahan kelas real estate terbaik. Survey dilakukan selama bulan Desember 2007-Januari 2008, saat musim hujan. Ada lima real estate besar yang disurvei di seluruh kawasan Jakarta-Depok-Bogor-Tangerang dan Bekasi. Penilaian dilakukan berdasarkan pada 5 kategori; aksesibilitas dan kondisi infrastruktur dalam lingkungan perumahan, kualitas lingkungan dan udara, kelengkapan fasilitas, kualitas bangunan dan value rumah (properti).

1. Lippo Karawaci

a. Aksesibilitas dan kondisi infrastruktur dalam lingkungan perumahan; dapat diakses melalui JORR II segmen Pondok Indah-Serpong hanya dalam waktu 30 menit. Selain itu, bisa dicapai pula dari arah Tol Jakarta-Merak via toll gate Karawaci. Lalu lintas relatif lebih lancar. Kondisi infrastruktur lingkungan sangat memadai. Dengan ROW lebih dari 70 meter, pengendara leluasa melakukan determinasi kecepatan tanpa khawatir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

b. Kualitas lingkungan dan udara; cukup baik. Ini dimungkinkan dengan keberadaan ruang terbuka hijau lainnya merata di semua klaster. Inilah kelebihan perumahan berkonsep klaster. Semua tertata dengan baik. Bebas banjir dan macet. Kondisi udara relatif lebih fresh.

c. Kelengkapan fasilitas; semua kebutuhan penghuni dapat diakomodasi oleh Lippo Karawaci Tbk dengan baik. Terdapat beberapa fasilitas kelas regional seperti pusat belanja Supermall Karawaci dan komersial hiburan Benton Junction, institusi pendidikan Universitas Pelita Harapan, sekolah-sekolah terpadu, dan Rumah Sakit Siloam Gleneagles, golf course, heliped, nanotechnology estate, dan masih banyak lagi

d. Kualitas bangunan; kendati tidak terlalu sempurna, namun material yang digunakan sesuai dengan ekspektasi konsumen

e. Value; dibandingkan dengan perumahan lainnya, value properti Lippo Karawaci sedikit lebih rendah yakni hanya 15% per tahun. Ini dimungkinkan karena pengembangan Lippo Karawaci tidak seagresif BSD City.

2. BSD City

a. Aksesibilitas dan kondisi infrastruktur dalam lingkungan perumahan; dapat diakses melalui JORR II segmen Pondok Indah-Serpong hanya dalam waktu 15 menit. Selain itu, bisa dicapai pula dari arah Tol Jakarta-Merak via toll gate Gading Serpong. Lalu lintas relatif lebih lancar. Kondisi infrastruktur lingkungan sangat memadai. Dengan ROW lebih dari 70 meter, pengendara leluasa melakukan determinasi kecepatan tanpa khawatir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

b. Kualitas lingkungan dan udara; cukup baik. Ini dimungkinkan dengan keberadaan hutan kota di tengah-tengah perumahan. Selain itu, ruang terbuka hijau lainnya merata di semua klaster. Inilah kelebihan perumahan berkonsep klaster. Semua tertata dengan baik. Kondisi udara relatif lebih fresh. Bebas banjir dan macet.

c. Kelengkapan fasilitas; Terdapat beberapa fasilitas kelas regional seperti pusat belanja ITC BSD dan BSD Junction, institusi pendidikan German Center, sekolah-sekolah terpadu, golf course, deretan ruang komersial berupa ruko dan akan dibangun rumah sakit internasional milik Sinar Mas

d. Kualitas bangunan; kendati tidak terlalu sempurna, namun material yang digunakan sesuai dengan ekspektasi konsumen

e. Value; Peningkatan harga properti sangat signifikan seiring rencana BSD City mengembangkan Tahap II. Nilai properti naik 20-25% per tahun.

3. Kota Wisata

a. Aksesibilitas dan kondisi infrastruktur dalam lingkungan perumahan; dapat diakses melalui Tol Jagorawi ke luar pintu tol Cibubur. Waktu tempuh dari dalam kota sekitar 30 menit. Selain itu, bisa dicapai pula dari arah Pondok Gede, Jakarta Timur melalui komsen (Jati Asih) dan Jl Raya Narogong, Bekasi. Lalu lintas mulai macet, seiring dengan mulai banyaknya pembeli yang menghuni Kota Wisata maupun perumahan lainnya di sekitar jalur Transyogi. Kondisi infrastruktur lingkungan sangat memadai. Dengan ROW lebih dari 70 meter, pengendara leluasa melakukan determinasi kecepatan tanpa khawatir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

b. Kualitas lingkungan dan udara; cukup baik. Ini dimungkinkan dengan keberadaan taman-taman lingkungan. Selain itu, ruang terbuka hijau lainnya merata di semua klaster. Inilah kelebihan perumahan berkonsep klaster. Semua tertata dengan baik. Kondisi udara relatif lebih fresh. Bebas banjir dan macet.

c. Kelengkapan fasilitas; Terdapat beberapa fasilitas umum dan sosial. Seperti Sekolah terpadu Bunda Hati Kudus, Fajar Hidayah, dan sekolah internasional lainnya. Juga destinasi wisata Kampung Wisata (menghimpun kios-kios tematik seperti Kampung Cina, Kampung Jepang, Kampung Indonesia dll). Akan beroperasi fresh market. Ini merupakan pasar modern di mana transaksi jual beli atau tawar menawar yang biasa terjadi di pasar tradisional, dimungkinkan di sini. Selain itu ada sport center berisi kolam renang dan pusat kebugaran, lapangan tenis, lapangan badminton di setiap klaster.

d. Kualitas bangunan; kendati tidak terlalu sempurna, namun material yang digunakan sesuai dengan ekspektasi konsumen

e. Value; Peningkatan harga properti sangat signifikan seiring rencana Kota Wisata melansir klaster-klaster baru dan ruang-ruang komersial. Nilai properti naik 15-25% per tahun.

4. Sentul City

a. Aksesibilitas dan kondisi infrastruktur dalam lingkungan perumahan; dapat diakses melalui Tol Jagorawi. Jarak tempuh dari tol dalam kota Jakarta sekitar 45 menit. Lalu lintas relatif lebih lancar. Kondisi infrastruktur lingkungan sangat memadai. Dengan ROW lebih dari 70 meter, pengendara leluasa melakukan determinasi kecepatan tanpa khawatir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

b. Kualitas lingkungan dan udara; cukup baik. Ini dimungkinkan dengan mayoritas proporsi pengembangan dan ruang terbuka hijau sekitar 20;80. Ruang terbuka hijau lainnya merata di semua klaster. Inilah kelebihan perumahan berkonsep klaster. Semua tertata dengan baik. Kondisi udara sangat fresh. Bebas banjir dan macet.

c. Kelengkapan fasilitas; Terdapat beberapa fasilitas umum dan sosial seperti sekolah-sekolah terpadu macam Sekolah Pelita Harapan, dan Al Azhar, golf course, deretan ruang komersial berupa ruko, Bellanova Country Mall dan akan dibangun water theme park.

d. Kualitas bangunan; kendati tidak terlalu sempurna, namun material yang digunakan sesuai dengan ekspektasi konsumen

e. Value; Peningkatan harga properti akan melonjak seiring kian padatnya Cibubur (jalur Transyogi) serta perubahan orientasi pembangunan ke arh selatan. Banyak pengembang yang mulai melirik kawasan Sentul. Diprediksi nilai properti naik 10-20% per tahun.

5. Bogor Nirwana Residences

a. Aksesibilitas dan kondisi infrastruktur dalam lingkungan perumahan; dapat diakses melalui Tol Jagorawi. Jarak tempuh dari tol dalam kota Jakarta sekitar 1 jam. Lalu lintas relatif lebih lancar. Kondisi infrastruktur lingkungan sangat memadai. Dengan ROW lebih dari 40 meter, pengendara leluasa melakukan determinasi kecepatan tanpa khawatir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

b. Kualitas lingkungan dan udara; cukup baik. Ini dimungkinkan dengan mayoritas proporsi pengembangan dan ruang terbuka hijau sekitar 40;60. Ruang terbuka hijau lainnya merata di semua klaster karena pengembangan konsep ecocity. Inilah kelebihannya. Kondisi udara sangat fresh. Bebas banjir dan relatif macet karena akses menuju BNR dilalui banyak angkot.

c. Kelengkapan fasilitas; Baru dibangun The Jungle Waterpark. Sebuah wahana hiburan dan rekreasi bagi keluarga. Akan direncanakan pembangunan pusat komersial dan hiburan tematik yang berorientasi pada gaya hidup modern dan lokal. Direncanakan juga akan dibuka sekolah internasional High Scope.

d. Kualitas bangunan; kendati tidak terlalu sempurna, namun material yang digunakan sesuai dengan ekspektasi konsumen

e. Value; Peningkatan harga properti akan melonjak seiring kian padatnya Cibubur (jalur Transyogi) serta perubahan orientasi pembangunan ke arah selatan dan mulai dibangunnya Bogor Outer Ring Road. Diprediksi nilai properti naik 10-20% per tahun.

Iklan

6 Tanggapan

  1. Hebat ya bisa survey sedetil ini, berapa sumber daya yang habis untuk survey ini?

    Selamat beramal !:-)

    Salam.

  2. sumber daya yang habis ya cuma bbm buat mobil plus teh botol kale yeeeee hehehehe….gak terlalu banyak kok.Soalnya kerjaan saya memang tiap hari survey proyek-proyek properti 🙂

  3. Waduoh, kok yang disurvei komplek-komplek perumahan mewah doang sich??? 🙄

    Ada nggak survei komplek rumah sederhana, asri, dan paling penting “murah” dan berada di pusat kota hihihi…. 😆

    hehehe kasih komentnya marathon ya? insya allah dalam waktu dekat, saya akan melakukan survey ke kawasan yang berkontribusi besar terhadap pembangunan rumah sederhana sehat (RSH)….do’akan saja

  4. gimana kalo suatu saat nanti hilda mensurvey perumahan dengan konsep dan desain terunik!
    salam kenal.
    saya adalah pengembang baru di surabaya.
    membuka pintu untuk sharing masalah property.
    salam.

    usul yang menarik. saya akan survey sekitar minggu ketiga April 2008. Salam kenal juga mas Iwon. Proyek apa yang sudah dikembangkan si sana? terima kasih sudah berkunjung ke blog saya 🙂

  5. apa kabar sentul city? apakah sudah kondusif utk berinvestasi atau masih bermasalah kayak dulu?

  6. Apakah urutan 1-5 itu urutan ranking atau random ya?

    random Pak…. nanti saya akan buat rankingnya karena variabelnya akan lebih kompleks dari sekadar akses, kelengkapan fasilitas dan prospek investasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: