Upaya Berantas Pungli Itu Memang Ada

Pagi tadi, tepat pukul 08.00 pagi, saya mengurus dokumen keimigrasian di Kantor Imigrasi Kotamadya Bogor, Jl Ahmad Yani. Pembuatan paspor baru, pengganti paspor lama yang hilang (Surat Perjalanan RI) yang saya urus sendiri itu ternyata berjalan cukup efisien alias tidak terlalu birokratis. Jika dokumen yang disyaratkan lengkap, maka urusan berjalan lancar.

Saya mengamati, tidak ada antrian sama sekali. Zonder saling serobot, absennya calo berkeliaran, dan yang penting, tidak ada pungli!. Semua serba well organized. Baik di bagian informasi (untuk pengambilan nomor antrian) maupun konter wawancara dan sesi pemotretan.

Ketika saya dipanggil untuk proses wawancara, sangat cepat, terbuka, dan diselingi humor. Menciptakan suasana yang akrab antara petugas dan yang dilayani. Kebetulan, petugas yang melayani saya terlihat masih muda. Berangkat 25 tahunan. Ketika saya jelaskan maksud penggantian paspor (hitungannya pembuatan paspor baru) adalah untuk tugas liputan ke berbagai negara luar, sang petugas bernama H Tobing (yang pasti bukan H-nya bukan haji) menganggukkan kepala. Dia lantas berkata, “Ajak-ajak saya dong, Non…. asyik ya jadi wartawan, kerjanya jalan-jalan mlulu’.

Wawancara selesai hanya dalam hitungan 5 menit. Sejurus kemudian saya menuju konter pembayaran dan pemotretan. Hanya Rp270.000, uang yang saya keluarkan untuk paspor sebanyak 48 halaman. Ini berarti, angka resmi yang dikeluarkan Ditjen Imigrasi Departemen Kehakiman tidak diutak-atik sama sekali oleh instansi pelaksana di bawahnya.

Sudah begitu, pelayanannya memuaskan. Maju terus biro-biro pemerintahan Indonesia!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: