Melacurkan Diri dalam Histeria April Mop

Hari ini usia saya berkurang satu. Saya tidak merasakan sebuah emosi yang lain. Sama seperti hari-hari biasa yang saya lalui sebelumnya. Hanya, kebetulan hari lahir (harlah) saya bertepatan dengan apa yang orang bilang sebagai The Fool Day.

Jauuuh sebelumnya, teman dan sahabat serta orang-orang terdekat saya sudah mengingatkan saya akan hari Selasa, 1 April 2008 ini. Namun, saya tidak ambil peduli. Apa bedanya? Tapi, ketika saya dihadapkan pada janji-janji yang tak tertunaikan, saya jadi bingung sendiri. Padahal saya menjanjikan teman, sahabat dan orang terdekat itu untuk menyenangkan mereka saja.

Akhirnya, dini hari tadi saya ‘melacurkan’ diri dengan keterpaksaan kesadaran penuh. Pada apa? pada sebuah event acara yang menurut saya penuh hal-hal bodoh tapi fun. Malam sebelumnya saya diajak teman untuk melakukan survey kehidupan penghuni-penghuni liar di kolong jembatan Panaragan, Bogor.

Aktifitas survey dilakukan seperti biasa dan berlangsung lancar tanpa kendala. Semua keingintahuan saya tentang komunitas yang terkondisikan secara marjinal di semua lini kehidupan itu, terpuaskan. Mereka berbagi kisah dan pengalaman kepada saya, sedikit terbersit kecurigaan dari wajah mereka, tanpa bumbu-bumbu citra, atau ingin dikira berwibawa. Mereka apa adanya dan terlihat ikhlas menjalani semuanya. Mereka ceria dan gembira.

Malam menjadi cepat berlalu. Hingga kemudian jarum jam bergerak ke angka satu. Kami memulai prosesi seremoni hura hura dengan histeria tak terkira. Memang akhirnya tidak menjadi afdhal karena kami di sini meniadakan surprise keterkejuta. Kami semua dalam kondisi sadar melakukan selebrasi yang, sejatinya, mengganggu menyenangkan semua orang.

Alih-alih bermuhasabah, saya justru menjadi bagian dari pestaphoria itu. Semua merasa hepi, semua merasa menikmati, dan semua merasa terwakili, ketika jiwa dan esensi kehidupan yang jauuuh lebih nyata dari sekadar apa yang dinamakan litani-litani suci, terjadi di depan saya.

Kami terbebaskan. Kami menanggalkan semua atribut yang diciptakan sebagai hasil olah kesombongan. Kami betul-betul menelanjangi diri dari semua pakaian-pakaian kepalsuan. Kepalsuan jati diri, kepalsuan ekonomi, kepalsuan sosial, kepalsuan peradaban, dan kepalsuan hakikat kehidupan.

Pestaphoria itu berakhir jam 4 pagi. Tepat ketika saya merindukan Sang Kekasih. Wahai Kekasih, maukah Engkau menghapus bekas bibirnya di bibirku dengan bibir-Mu?

Iklan

4 Tanggapan

  1. Hiiiii… kok fulgar ya bro? 🙄 👿 Mudah-mudahan itu yang terakhir kalinya ya….

    [Sapa loch larang-larang guE?? 🙄 kenal juga kagak!! ]

    Tapi ngomong-ngomong kok harlahnya beda sehari sama saya..? Saya 2 April loch? 😈 Sumpah saya nggak bohong?…

    [trus maksudnya apa? roll: ]

    Nggak apa-apa, cuma kok kebetulan aja? 🙄 Loch kok jadi ngaco??? 🙄 🙄

    Ghini-gini saya cuma agak risih dengan paragraf terakhirnya,Pestaphoria itu berakhir jam 4 pagi. Tepat ketika saya merindukan Sang Kekasih. Wahai Kekasih, maukah Engkau menghapus bekas bibirnya di bibirku dengan bibir-Mu?

    Peace…. 😳 #Gdubrak!!@Z %&$!!!#

    aih…aih….kok jadi ‘nyama-nyamain’? sama seh? jangan-jangan…. hehehe ah saya bukan peramal yang bisa memprediksi nasib kita….

    khusus untuk

    Pestaphoria itu berakhir jam 4 pagi. Tepat ketika saya merindukan Sang Kekasih. Wahai Kekasih, maukah Engkau menghapus bekas bibirnya di bibirku dengan bibir-Mu?

    itu kiasan….dalem banget, coba deh perhatikan kata-kata ganti dan huruf kapital pada Sang Kekasih, Engkau, dan bibir-Mu….

  2. anyway aku tidak perlu konsultasi dulu kepada Sartre atau Erich Fromm kalau cuma mau mengatakan :

    selamat ulang tahun kawan.

    kadang-kadang kita harus bisa merasa iri pada kanak-kanak atau pemabuk, karena mereka bisa menikmati hidup saat ini juga, sedangkan kita mungkin terlalu terikat oleh masa depan dan masa lalu.

    indahnya….. terima kasih kawan….ditunggu kadonya ya 🙂

  3. hayo…main bibir.

    berkata-kata juga pake bibir…..plus mulut 🙂

  4. 4 pagi tanggal 2 april yah berarti? udah lewat dunks?hehehe..

    salam kenal yah..

    baca lagi Mas yang teliti ya…. tanggal 1 dunk… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: