Pejaten Village, Incar Unserved Market

PT Lippo Karawaci Tbk., rupanya tak main-main dalam membangun eksistensinya sebagai raja pusat belanja. Setelah sukses secara agresif mengakuisisi beberapa pusat belanja di lokasi-lokasi strategis kota besar di Indonesia, kini mereka memilih membangun sendiri. Melalui Pejaten Village, PT Lippo Karawaci Tbk memulai strateginya dalam menguasai sub sektor komersial ritel.

Pejaten Village merupakan pusat belanja sewa (leased mall) pertama yang mereka kembangkan. Dengan luas bangunan 58.000 m2 di atas lahan seluas 2 hektar di wilayah Jakarta Selatan, proyek senilai 50 juta dollar AS ini, diklaim sebagai an extra ordinary mall.

Terdiri atas enam lantai yang merangkum 165 unit toko. Masing-masing lantai dijuluki dengan nama dan frasa Indonesia yang unik. Seperti ’Jalan-jalan’ untuk lower ground, ’Griya Gaya’, ’Warna-warni’, ’Planet Gaul’, ’Pernak-pernik’ dan ’Rame-rame’ untuk lantai di atasnya.

Diferensiasi tak hanya pada penamaan, juga konsep dan fisik ruang. Yang menonjol adalah al fresco deck seating and dining yang ada di lantai satu dan open space children playground.

Ada pun tarif sewa ruang, menurut Rosalin S. Lie, Direktur Property Conection Indonesia, agen penjualan yang ditunjuk Lippo, berkisar Rp300.000 hingga Rp400.000/m2/bulan untuk toko seluas 15-20 m2 dan 60-80 m2. ”Tergantung lokasi, posisi dan bobot ruangnya. Besaran tarif, di luar service charge,” imbuh Rosalin.

Harga sewa ini setara sengan mal sewa lainnya di wilayah yang sama. Katakanlah Kalibata Mall dan Cilandak Mall. Meski begitu, bukan perkara sulit bagi Pejaten Village untuk menggandeng calon tenan. Mereka tidak perlu bersusah payah memburu tenan utama (anchor tenant) dan kecil untuk meramaikan mal. Cukup dengan membawa Hypermart, Time Zone, dan Parisian Department Store yang notabene merupakan sister company pengembangnya, mampu menstimuli calon tenan lain untuk ikut bergabung.

Kombinasi para ’raksasa’ ritel ini yang belum mampu didatangkan mal lainnya. Sehingga kehadiran Pejaten Village berpotensi menggembosi keberadaan pusat belanja sewa lama. Menurut Direktur PT Lippo Karawaci Tbk., Andreas Kartawinata, hingga saat ini, Pejaten Village telah mendapat konfirmasi sebanyak 63% tenan yang akan mengisi keseluruhan ruang yang disewakan. ”Di luar ketiga nama tersebut di atas, ada Gold Gym, Cineplex 21, toko buku ternama, dan lainnya,” ungkap Andreas.


Tepat sasaran

Menarik memproyeksikan nasib mal ini ke depan. Lokasinya yang berada di persimpangan Jl Pejaten dan Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, akan menjadi semacam trigger bagi warga dengan status social economic scale B, di sekitar Pejaten, Jatipadang, Ragunan, Kalibata, Pasar Minggu, Tanjung Barat, Cilandak, Kemang dan Cipete.

Selama ini, kebutuhan pusat belanja yang mencakup kawasan-kawasan tersebut belum mampu terakomodasi secara maksimal. Kondisi inilah yang dengan jeli ditangkap Lippo sebagai peluang besar. Mengacu pada rasio pasok ruang ritel terhadap populasi penduduk, potensi pasar kawasan-kawasan itu masih sangat terbuka.

Dus, tren penyewa yang berasal dari sektor makanan dan minuman tengah menunjukkan performa meyakinkan. Menurut Director Retail Leasing Jones Lang LaSalle, Wendy Haryanto, keunikan konsep yang mengakomodasi peritel makanan dan minuman akan mudah diterima pasar. ”Ini adalah faktor utama dan penting selain tenancy mix yang atraktif dan sesuai dengan konsep mal keseluruhan yang dapat menarik minat pengunjung,” ujarnya.

Pejaten Village direncanakan rampung pembangunannya pada Juli 2008 dan akan beroperasi sekitar kuartal keempat tahun ini. Menggenapi jumlah pasok ruang ritel di Jadebotabek hingga 2009 yang mencapai 4,52 juta m2. ”Kami mengejar momen-momen puncak terjadinya arus konsumsi luar biasa seperti Ramadhan, Lebaran, Natal dan tahun baru,” tandas Andreas.

Iklan

4 Tanggapan

  1. kalo boleh saya tau.
    kantor marketingnya dmn ya?
    kalo mau buka toko dengan ukuran kecil bisa gak?
    sejenis booth gitu.
    thx

    Mas Ivan bisa menghubungi PCI di Menara BEI telp 5152000

  2. mohon infonya untuk kantor marketingnya…..

    sudah saya sebut di jawaban komentar pertama

  3. klo info lowongan di pejaten village ada gak?
    di bagian promosi/marketing mungkin_

  4. salam kenal buat pak admin,mohon info lowongan kerja di pejaten village dong?
    rumah saya di pejaten barat sekarang masih nganggur pengennya dpt kerja di pejaten village yg dekat2 rumah gitu deh di hypermart atau dimanapun,any position..thanks b4..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: