PT JSI Tbk Konsentrasi di Budget Hotel

Jan Darmadi, salah seorang konglomerat properti Indonesia yang masih bertahan, rupanya memilih untuk lebih ‘waras’ dalam menyikapi hiruk pikuk konstelasi bisnis properti terkini. Ia, tidak latah menjadi agresif untuk meluncurkan proyek-proyek mega bernilai triliunan rupiah. Jan Darmadi beserta kelompok usahanya justru melakukan konsolidasi atas aset-aset utama yang bernilai strategis.

Melalui PT Jakarta Setiabudi International Tbk (JSI) yang kini dinahkodai puteranya, Jefri Darmadi, Jan menciptakan atmosfer konservatif dalam setiap keputusan yang diambilnya. “Kehati-hatian, pertimbangan matang, dan analisa bisnis yang tajam sangat dibutuhkan dalam kondisi ekonomi seperti sekarang ini. Kondisi sekarang tak jauh beda dengan kondisi sepuluh tahun lalu,” ujar Jan yang kini menjabat posisi sebagai Presiden Komisaris PT JSI Tbk

Untuk itulah, alih-alih mengekori kompetitor, JSI bergeming melanjutkan strategi perluasan dan pertumbuhan basis pendapatan perseroan dengan mereposisi aset-aset utama melalui opsi revitalisasi dan melahirkan produk yang dapat memenuhi ekspektasi pasar.

Terbukti, serangkaian renovasi yang dilakukan atas Grand Hyatt Bali, dibukanya hotel Formule-1 Menteng, serta peluncuran klaster baru di Puri Botanical Residences berpengaruh signifikan terhadap pendapatan perseroan. Khusus perhotelan, berkontribusi sebanyak 46% dari total pendapatan tahun buku 2007 yang sebesar Rp811,8 miliar. Pencapaian ini ditunjang oleh membaiknya industri pariwisata, khususnya Bali, yang tentu saja membutuhkan sarana akomodasi representatif.

Wajar jika kemudian JSI berencana menelurkan lima sampai enam hotel lagi (800 kamar) dalam dua tahun ke depan. Hanya, kali ini mereka akan berkonsentrasi pada pembangunan hotel dengan turnover (imbal hasil) yang tinggi yakni budget hotel. “Hotel jenis ini pasarnya sedang bagus. Apalagi kalau lokasinya strategis. Hotel yang diperuntukan bagi kegiatan MICE (meeting, incentive, conference & exhibition) ini sedang dalam kondisi bulan madu. Formule-1 Menteng, contohnya, telah mencetak tingkat okupansi hingga 95%,” ungkap Presiden Direktur PT JSI Tbk Jefri Darmadi.

Jaringan hotel Grup Accor sebagai pemegang brand Formule-1 akan digandeng JSI untuk mengelola hotel-hotelnya kelak. Lima budget hotel baru itu tersebar di Bandung, Surabaya dan Semarang. Untuk membangun proyek baru tersebut dibutuhkan dana setidaknya Rp50 miliar-60 miliar/hotel. Sehingga kebutuhan belanja modal (capex) mencapai lebih kurang Rp400 miliar.

Nominal yang lumayan besar melihat kondisi aktual struktur finansial PT JSI Tbk saat ini. Bukan perkara mudah mengumpulkan duit sebesar itu. Oleh karena itu, mereka juga menempuh aliansi strategis dengan pemilik lahan di lokasi-lokasi strategis. “Hal tersebut dapat meminimalisasi ongkos produksi membangun hotel. Dengan kerjasama ini diharapkan biaya pembelian lahan bisa dialihkan atau diinvestasikan untuk revitalisasi aset strategis yang prospektif mendatangkan keuntungan,” tandas Wakil Presiden Direktur PT JSI Tbk Purwo Hari Prawiro.

Ada pun sumber pendanaan untuk merealisasikan budget hotel tersebut rencananya akan diambil dari hasil divestasi Hotel Raddin Ancol, Apartemen Kuningan dan Mercure Resort Sanur yang ketiganya ditawarkan senilai 36 juta dolar AS. Selain itu akan ditambah juga dari instrumen keuangan lainnya. Sementara untuk pinjaman bank, JSI sudah mendapat respon positif dari NISP, Sumitomo dan OCBC.

Sementara untuk sub sektor komersial ritel, PT JSI Tbk tetap komit memanfaatkan lahan seluas 3,7 Ha di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Nantinya, bakal didirikan entertainment center seluas 10.000 m2 dengan konsep open air yang menawarkan pengalaman menikmati gaya hidup dalam food and beverage unik. Tapi, “Itu nanti. Jika kondisi makro ekonomi Indonesia sudah membaik dan mendukung. Yang jelas tidak tahun ini,” ucap Purwo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: