Aston Bogor Hotel & Resort Telan Investasi Rp200 miliar

Dua juta wisatawan yang menyinggahi kota Bogor, bukanlah jumlah sedikit. Merekalah yang mendongkrak tingkat okupansi fasilitas akomodasi kota hujan itu menjadi sekitar 80 persen. Angka lebih tinggi bisa dicapai pada waktu week end. Apa sebab?

Kota Bogor memiliki beragam fasilitas dan destinasi wisata (kuliner, fashion, rekreasi). Sebut saja Warso Farm, Kerajinan Tas Tajur dan Katulampa, Kebun Wisata Pasirmukti, Rumah Ulatsutera, Taman Safari Indonesia, maskot kota Kebun Raya Bogor, asinan bogor, roti unyil dan jejeran factory outlet sepanjang jalur protokol Jl Padjadjaran.

Fasilitas dan destinasi wisata itu senantiasa ramai dikunjungi oleh keluarga-keluarga yang berasal dari Jakarta, Bekasi, Depok, Sukabumi, Tangerang, Bandung bahkan dari luar Jawa Barat. Mereka bukan sekadar short term visitor. Menetap 2 sampai 3 hari. Tak ayal, lamanya waktu menetap ini, membuat fasilitas akomodasi di Bogor yang memang terbatas, selalu dalam kondisi over capacity. Mulai dari penginapan kelas melati, hingga hotel bintang 4 macam Novotel Bogor.

Nah, tentu saja, kondisi aktual tersebut dipandang sebagai kesempatan besar buat PT Graha Andrasentra Propertindo (anak usaha PT Bakrieland Development Tbk). Mereka mulai mengembangkan fasilitas akomodasi hotel bintang 4 di atas 3,8 Ha lahan dalam area kompleks perumahan Bogor Nirwana Residence. Konsepnya terbilang baru untuk ukuran kota Bogor, yakni strata title hotel. Konsep ini memungkinkan investor perseorangan memiliki unit-unit atau room key yang ditawarkan.

Untuk pengelolaannya, PT Graha Andrasentra Propertindo menggandeng international chain hotel oeprator yakni Aston International untuk jangka kerjasama selama 10 tahun. Penandatanganan kesepakatan kerjasama sendiri dilakukan siang tadi. Dipilihnya Aston, menurut Chief Business Development Officer PT Graha Andrasentra Propertindo, Hendry Harmen, sebagai strategi bisnis yang memungkinkan terciptanya sinergi investasi.

“Secara holding, kami telah bekerjasama dengan Aston, mulai dari Aston Rasuna. Nah, kami ingin menciptakan sinergi strategis di kawasan Bogor Nirwana Residences, agar para investor bisa menikmati fasilitas free stay di Bogor atau Jakarta. Tawaran menarik, bukan,” ucap Hendry.

Hotel berbiaya Rp200 miliar ini, 60% di antaranya ditanggung BRI dengan skema kredit konstruksi, nantinya bernama Aston Bogor Hotel and Resort. Berisi 124 room key yang terdiri atas 84 unit kondotel, dan 40 kamar hotel yang terhimpun dalam empat menara (low rise). Ada pun kondotelnya ditawarkan seharga Rp550 juta-800 juta tidak termasuk PPNBM. “Harga yang pantas karena kami menawarkan investasi ganda; returned guaranteed 8% per tahun untuk 3 tahun pertama dalam rupiah, sistem kepemilikan strata title, free stay selama 21 hari per tahun dan bebas biaya service charge, serta sinking fund,” jelas Hendry.

Aston Bogor Hotel & Resort direncanakan beroperasi pada Juli 2009. Menurut President and CEO Aston International Charles Brookfield tarif kamar hotel yang ditetapkan sebesar Rp550.000-750 ribu/malam untuk single room dan Rp1 juta-1,5 juta/malam untuk double room. Aston International sendiri telah memiliki portofolio sebanyak 40 hotel. 15 di antaranya telah beroperasi dan 25 hotel dalam tahap pembangunan hingga tahun 2010.

Iklan

3 Tanggapan

  1. Grup Bakrie memang jeli ya melihat kesempatan. Demand di Bogor saya rasa banyak tapi saya tidak merasa cukup banyak yang long term visitor. Mungkin karena tinggal dekat dengan Bogor. Apalagi yang menjadi operator adalah Aston, mungkin Bogor bisa menjadi alternatif selain Bandung di waktu mendatang.

  2. ,kdhf’oiqeg,q?kg[p
    qof;,qer;fvkqp
    vo[adovqlevoqe][vp]q[pv
    [apov[pq[evoq]eprvglqrpovifidvhbecvef[pvodvikkjw;ekf

    thanx atas kunjungannya, but itu bahasa planet mana ya? saya gak ngerti…. sumpah…

  3. Kami adalah provider outbound yang bermarkas di Bogor. Terkadang kami kesulitan jika ada permintaan outbound di Bogor tapi dengan fasilitas akomodasi yang mewah. Dengan adanya Aston Bogor, kami berharap bisa bekerjasama mengingat event kami sangatlah sering baik outbound maupun training. Apakah di Aston Bogor untuk saat ini sudah menyediakan fasilitas outbound atau tersedia fasilitasnya di BNR itu sendiri? Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: