8 Ribu Unit dari Graha Rayhan Triputra

Program pembangunan seribu menara rumah susun yang dicanangkan pemerintah tahun lalu tampaknya bersambut positif. Beberapa pengembang, skala besar dan kecil telah berpartisipasi pasca sentilan Wapres Jusuf Kala pada Munas REI 2007 silam. Jumlah pengembang yang turut berkontribusi dalam pemenuhan program ini tampaknya bakal bertambah. Menyusul PT Bakrieland Development Tbk, PT Primaland, Grup Agung Sedayu, Grup Agung Podomoro, dan PT Cawang Housing Development, adalah Grup Graha Rayhan Triputra.

Menurut Presiden Direktur Grup Graha Rayhan Triputra, Bally Saputra, pihaknya bakal membangun delapan ribu unit dari 16 menara di dua lokasi berbeda. “Satu berada di Kalibata Jakarta selatan, lainnya di Jababeka City,” ujarnya.

Adapun motivasi utama Graha Rayhan Triputra, yang sebelumnya dikenal sebagai pembangun rumah sederhana sehat (RSH), adalah demand yang tinggi dan menariknya kalkulasi pengembangan. Dalam arti, “Ongkos konstruksi dan profit margin yang didapat lebih besar dibanding dengan membangun RSH,” ungkap Bally.

Berapa profit margin dalam membangun apartemen bersubsidi ini? Bally menghitung sekitar 25-40%, mengingat harga konstruksi untuk apartemen kelas rakyat ini ditetapkan hanya Rp1,5 juta-2 juta/m2. Untuk mencapai besaran profit margin itu, Billy menerapkan strategi subsidi silang dan penetapan item-item tertentu yang dibebankan kepada konsumen. Subsidi silang dimungkinkan karena Graha Rayhan Triputra tak hanya menjual apartemen subsidi seharga antara Rp90 juta-144 juta, juga di atasnya, maksimal Rp250 juta. Sementara yang dibebankan kepada konsumen adalah biaya pemandangan (view fee) dan unsur feng shui lainnya. Macam pool view sebesar Rp10 juta, mini water boom view Rp15 juta, hadap timur Rp5 juta, hadap barat Rp3 juta dan lain-lain.

Graha Rayhan Triputra saat ini tengah membangun Tanjung Kalibata Pancoran Riverside sebanyak 4.000 unit yang terangkum dalam 8 menara. Dijual seharga Rp90 juta untuk tipe studio dan Rp144 juta untuk 2 kamar tidur. Sementara di Jababeka City, pihaknya tengah merancang Jajabeba Square yang juga menawarkan 4.000 unit dalam 8 menara. Harganya sama dengan yang ditawarkan di Tanjung Kalibata.

Untuk membangun dua proyek tersebut, Graha Rayhan Triputra telah mendapatkan konfirmasi pendanaan konstruksi dari BTN, BNI dan Bukopin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: