Intiland Development Lebih Agresif, Kembangkan Ngoro Industrial Park Tahap II

Tak mau kalah dengan pengembang besar lainnya, PT Intiland Development Tbk (Intiland) mulai unjuk gigi. Tak puas dengan megaproyek Regatta-nya yang fenomenal, pengembang ini kini tengah menggarap Ngoro Industrial Park (NIP) Tahap 2 seluas 240 hektar di Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur.

“NIP tahap kedua ini kami kembangkan karena sejak pertengahan tahun 2008 kami mendapatkan banyak permintaan dari para investor yang mencari lahan perindustrian. Investor ini kebanyakan berasal dari Taiwan, Korea dan China,” ujar Theresia Rustandi, Corporate Secretary Intiland.

NIP tahap kedua ini akan dikembangkan secara bertahap. Tahap awal seluas 100 hektar dan mulai dikerjakan akhir tahun 2008. Untuk pengembangan lahan tersebut, diperlukan dana sekitar US$ 2 juta. Sebagian dari dana yang diperlukan tersebut berasal dari operating cashflow NIP sendiri. Selebihnya, eksplorasi sumber pendanaan lainnya.

NIP sendiri telah dibangun oleh Intiland sejak tahun 1992. NIP tahap pertama seluas 220 hektar merupakan hasil kongsi antara Intiland dengan RSEA Taiwan. NIP tahap pertama boleh dibilang hampir selesai. Adapun keseluruhan total luas lahan NIP adalah 460 hektar.

NIP didesain sebagai kawasan industri yang modern dan lengkap dengan infrastruktur dan fasilitas yang mendukung kebutuhan industri. Keunggulan utama dari NIP adalah pada tersedianya sumber energi gas alam sehingga penggunaan energi di NIP bisa sangat efisien terutama bagi investor yang memang sangat memerlukan energi dalam pengelolaan industrinya. Hal ini merupakan angin segar mengingat energi listrik masih menjadi persoalan fundamen.

Selain kekayaan gas alam, NIP juga dilengkapi dengan fasilitas standar seperti tenaga listrik, sumber air, telepon dan waste water treatment plant (pengelolaan limbah industri). Di sekitar kawasan NIP juga dikembangkan guest house, ruko, fasilitas olahraga outdoor, kantin, bank, klinik serta ruang perkantoran.

Saat ini, NIP menjual lahan industri kepada investor dengan luas minimum 5.000 meter persegi dan menyewakan standard factory building/warehouse dengan luas antara 1.000 – 5.000 meter persegi.

Sudah beroperasi lebih dari 60 industri dari berbagai negara di NIP. Kebanyakan adalah dari Inggris, Belanda, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Swiss dan Taiwan dengan jenis industri terutama keramik, pemrosesan tembakau, industri makanan, perkayuan, sanitary ware, gitar elektrik, kantong kertas, kabel, perhiasan, produk kebersihan, serta produk kimia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: