Muhammad Nawir, Membawa Wika Realty Jadi Buah Bibir

Satu dekade silam, nama PT Wijaya Karya (Wika) Realty mungkin belum terlalu dikenal masyarakat. Apalagi dalam konstelasi bisnis dan industri properti. Nama perusahaan ini, masih disalahpahami sebagai penyedia jasa konstruksi. Persepsi ini tak keliru sepenuhnya sebab, induk perusahaan Wika Realty adalah PT Wijaya Karya Tbk. BUMN yang disegani di sektor jasa konstruksi Nasional. Namun, perlahan tapi pasti, reputasi Wika Realty mulai terbangun.

Tentu saja, apresiasi masyarakat terhadap Wika Realty tak lepas dari peran para profesionalnya yang bisa dibilang prestatif. Muhammad Nawir, salah satunya. Lelaki jangkung ini, memang baru 4 tahun memuncaki Wika Realty. Akan tetapi, selama kurun waktu itulah, perusahaan ini mampu mencetak terobosan dan rekor baru. Di antaranya, memulai ekspansi ke daerah di luar Pulau Jawa seperti Balikpapan dan Samarinda (Kalimantan Timur). Di kedua kota tersebut, mereka menggarap Tamansari Bukit Mutiara dan Grand Tamansari. Menyusul high rise project perdana, Tamansari Sudirman Executive Residences di Jakarta sebanyak 450 unit yang terangkum dalam dua menara.

Kemudian, rekor terbaru lainnya adalah Wika Realty mampu membukukan perolehan sebesar Rp500 miliar. Nominasi ini dicapai selama tahun buku 2009. Jika dikomparasikan dengan perolehan para pengembang besar papan atas, Wika Realty masuk dalam urutan sepuluh besar. Hanya tertinggal dari nama-nama popular macam PT BSD Tbk, PT Summarecon Agung Tbk, atau PT Lippo Karawaci  Tbk yang notabene core business-nya memang properti.

“Kami yakin, perolehan akan terus menanjak seiring dengan semakin bersahabatnya tingkat suku bunga perbankan, membaiknya ekonomi makro dan juga tingkat kepercayaan pasar pada produk kami,” urai Nawir yang tengah mengikuti program doktoral Management Strategic di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, ia tak segan melipatgandakan target perusahaan menjadi Rp1,5 triliun dalam lima tahun ke depan.

Untuk target pendapatan 2010, sebesar Rp600 miliar. Proyeksinya, akan dikontribusikan dari produk-produk baru ‘bernilai tinggi’ yang segera dikembangkan di Jakarta, Bandung (Jawa Barat) dan Kuta (Bali). Di Jakarta, mereka memprioritaskan pengembangan landed house di kawasan Cibubur. Sementara di Bandung dan Bali, orientasinya diarahkan pada properti high rise.

“Tahun 2010 ini, memang kami tetapkan sebagai momentum untuk meningkatkan keseimbangan komposisi antara portofolio landed house dan high rise building menjadi 50:50,” tandas Nawir. Maka, tak aneh, jika tahun ini Wika Realty bakal menggenjot penjualan dan pembangunan kembali Tamansari Semanggi (dahulu bernama Hollywood Residences). Ini merupakan proyek kerjasama operasi (KSO) antara Wika Realty dan PT Tradisi Sejahtera. Tamansari Semanggi berisi 1.100 unit dan ditawarkan seharga antara Rp400 juta-1,5 miliar.

“Diakuisisi”-nya Tamansari Semanggi sangat kental motivasi dan aroma komersialnya. Betapa tidak, lokasinya super strategis, tepat di pusat kota dan di tengah segitiga emas Jakarta. Dus, harga per unitnya sangat ramah pasar. Hanya dengan Rp400 juta, unit apartemen ukuran 36 m2 sudah bisa dimiliki. Menggunakan parameter apapun, jika proyek ini dimiliki, akan menguntungkan. Pasar akan menyambut antusias. Apalagi jika negosiasi tahap akhir antara Wika Realty dan kreditur PT Tradisi Sejahtera, rampung.

Selain itu, mereka juga akan merealisasikan strata title office and apartment di kawasan Cawang, yang saat ini dijadikan sebagai Gedung Wika 2. Gedung kantor baru tersebut akan difungsikan sebagai headquarter Wika Realty. Pehobi membaca dan traveling kelahiran Semrang, 53 tahun silam ini optimis, semua rencana dan target akan tercapai pada waktunya.

“Obsesi saya, membawa Wika Realty menjadi pengembang ternama dengan zero complaint dan menempati posisi lima atau tiga besar di Indonesia,” buka Nawir seraya menambahkan akan memperkuat konstruksi permodalan dan ekuitas Wika Realty dengan lebih banyak menjalin KSO dan IPO pada akhir 2010. Sekadar informasi, ekuitas perusahaan saat ini masih berada pada level Rp125 miliar dengan posisi utang yang juga berkisar pada angka yang sama.

Iklan

6 Tanggapan

  1. Halo, boleh tdk saya minta info lebih lanjut tentang Apartemen Hollywood Residence atau tamansari semanggi… kalo bisa bantu saya akan sangat tertolong sekali… terima kasih sebelumnya..

    • info ttg apa mbak?

      • info ttg kelanjutan project ini sih hehe… sepengetahuan mbak aja. kalo boleh sy minta email degh.. mau cerita lebih banyak tapi krg nyaman disini hee… boleh tak ??

      • email saya; alexander_hilda@yahoo.com

        Tamansari Semanggi per unitnya seharga Rp400-an juta. Proyek ini dijanjikan M Nawir akan terus berlanjut. Karena dari sudut pandang manapun, bila properti dibangun di lokasi strategis seperti ini, memiliki peluang bagus.

      • Mbak.. menarik nih infonya..
        Blm ada info kpn ya mulai dipasarkan, mbak?
        Minat jg nih. Lokasinya asik, harganya terjangkau kalo 400jt.

      • mulai resmi dipasarkan setelah negosiasi antara para kreditor PT Tradisi Sejahtera dengan PT Wika Realty, rampung. Direncanakan pertengahan tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: