Plagiarisme Sama Jahatnya Dengan Korupsi

Para pembaca mungkin bertanya-tanya, mengapa saya menulis tentang plagiarisme. Dan lebih aneh lagi, mengapa plagiarisme saya samakan dengan korupsi. Pada prinsipnya, kedua lelaku itu sama sifat dan semangatnya yakni menghalalkan segala cara untuk tujuan tertentu dan dalam waktu yang instan. Tanpa melibatkan proses berpikir dan olah intelektualitas yang matang. Apalagi memikirkan eksesnya…. dinegasikan semuanya. Toh, hanya sedikit yang peduli masalah plagiarisme, kecuali mungkin orang-orang usil yang, celakanya, begitu jeli mencermati lelaku para plagiarist dan kuruptor ini….

Pembaca, saya memposting tulisan ini karena sudah merasa muak dengan apa yang dilakukan oleh sesama rekan jurnalis. Tanpa permisi, ba bi bu, mereka seenak dengkulnya mengutip tulisan saya tanpa ijin, dan tanpa menyertakan link atau sumbernya pula (kalo tidak ijin mbok ya disertakan link atau URL-nya)….

Menjadi ironis, ketika institusi di mana para oknum yang mengklaim diri sebagai jurnalis itu, justru sangat galak menggebuk para ‘terduga’ korupsi uang negara dan atau kasus plagiarisme yang tengah merundung perguruan tinggi terkemuka,  ITB.

Apa yang sesungguhnya terjadi? mengapa gajah di seberang lautan tertampak sementara kuman di pelupuk mata dibiarkan?

Saya marah!!! Sebatas inikah kualitas para jurnalis itu? meng-kopi paste tulisan orang lain tanpa kulonuwun, apalagi cek, ricek dan kroscek? tekanan institusi? atau memang pada dasarnya mereka malas???

C’moooon, teman, jujurlah, kalau memang mau mengutip tulisan saya, gunakan otak dan nurani kalian yang tentu saja akan emoh jika hanya mendewakan cara-cara instan!!! Jika masih saja menoleransi praktik-praktik curang, licik, dan culas demikian, saya hanya bisa berdoa, semoga nurani kalian tidak ikut mati!!!

Iklan

3 Tanggapan

  1. dear Hilda

    sabar ya non suabaaar
    saya malah mau banyak tanya dan mau tau banyak tentang property.. nyari data kesana kemari pusiing…. eee anda rupanya jagoannya

    TRus kalo saya butuh data mesti gimana ?

    andang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: