Sinar Mas Land Masuki Pasar Regional

Setelah Lippo Group dan beberapa pengembang Indonesia lainnya merambah pasar mancanegara, kini giliran Sinar Mas Land unjuk eksistensi. Pada tanggal 28 April 2011, AFP Properties Limited, perusahaan investasi milik Sinar Mas Group yang berbasis di Singapura mengubah namanya menjadi Sinarmas Land Limited. Ini merupakan embrio Sinar Mas Land untuk menjadi pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara.

 

Di Indonesia sendiri, Sinar Mas Land menaungi PT Bumi Serpong Damai Tbk dan PT Duta Pertiwi Tbk. Nama terakhir telah tercatat pada Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1994 dan pada Desember 2010 resmi menjadi anak perusahaan PT Bumi Serpong Damai Tbk. Sehingga saat ini, PT Bumi Serpong Damai Tbk menjadi salah satu perusahaan properti dengan kapitalisasi pasar terbesar pada Bursa Efek Indonesia.

 

Sementara di luar Indonesia, Sinarmas Land Limited kini tengah mengembangkan proyek-proyek properti di beberapa Negara dengan prospek ekonomi cerah. Yakni Cina, Malaysia, dan Singapura. Di ketiga Negara tersebut, Sinar Mas Land Limited membangun ruang komersial, hotel dan resor, serta beberapa jenis properti lainnya. Sebut saja Palm Resort di Malaysia yang merupakan salah satu proyek prestisius berskala regional.

 

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan, saat ini pihaknya secara agresif sedang mencari lokasi pengembangan investasi properti di luar Indonesia dengan menggandeng pengembang lokal terkemuka di negaranya masing-masing. Untuk itu, mereka telah membentuk divisi pengembangan bisnis yang mencakup pasar regional guna membidik peluang investasi properti yang menjanjikan. “Ini merupakan bukti keseriusan kami dalam upaya pengembangan Sinar Mas Land dalam konstelasi bisnis properti tingkat internasional,” imbuh Michael.

 

Tak heran jika saat ini, mereka mulai giat mempelajari dan melakukan pemetaan potensi investasi properti di pasar regional dengan memperhitungkan country risk dan mencari mitra potensial strategis di Negara yang dituju. Dalam waktu dekat, mereka menargetkan sudah mempunyai proyek baru baik di Indonesia maupun regional dengan mitra strategis dimaksud. Kepercayaan diri Sinar Mas Land untuk bermain di level lebih tinggi, tumbuh seiring dengan meningkatnya dukungan penuh dari sejumlah mitra strategis domestik.

 

Dus, berbagai penghargaan bergengsi sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi yang ditorehnya, berkontribusi pula terhadap agresifitas rencana pengembangan bisnis di kancah internasional. Untuk tingkat Nasional Sinar Mas Land sudah memperoleh lebih dari 50 penghargaan. Pada tahun 2010, melalui proyek BSD City, dianugerahi Pengembang Terbaik dan Terbaik Kedua untuk kategori Best Masterplan di tingkat dunia dari FIABCI Prix d’Excellence pada tahun 2011.

 

Sampai dengan tahun 2010, Sinar Mas Land telah mengembangkan sebanyak lebih dari 40 proyek properti di Indonesia. Termasuk 2 kota mandiri yaitu BSD City dan Kota Deltamas. Sementara untuk wilayah Asia Tenggara, tujuh properti sudah dan tengah dikembangkan. Selain itu, mereka juga memiliki belasan properti residensial yang tersebar di seantero Jabodetabek. Mereka adalah Taman Duta Mas, Banjar Wijaya, Telaga Golf Sawangan, Grand Wisata, Kota Wisata, Legenda Wisata, dan Taman Permata Buana, Sementara di Surabaya, Jawa Timur, terdapat Wisata Bukit Mas dan Villa Bukit Mas. Di luar Jawa, Balikpapan Permai dan Balikpapan Baru mewakili Balikpapan dan Taman Duta Mas di Batam serta kawasan resor Kota Bunga di Cipanas, Jawa Barat.

 

Kawasan komersialnya meliputi DP Mall Semarang, ITC Depok, ITC Surabaya Mega Grosir, Superblok Ambassador Kuningan, Superblok Cempaka Mas, Superblok Fatmawati Mas, Superblok Mangga Dua, Superblok Permata Hijau, dan Superblok Roxy Mas. Sinar Mas Land juga telah membangun 8 gedung perkantoran yaitu ITC Mangga Dua, ITC Cempaka Mas, Plaza BII, Wisma BII Jakarta, Wisma BII Medan, Wisma BII Surabaya, Wisma Eka Jiwa, dan Wisma BCA BSD City.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: