Convention dan Exhibition Hall Terbesar Dibangun di BSD City

Grup  Sinarmas Land dan Kelompok Kompas Gramedia, sepakat untuk bersekutu membangun sebuah convention dan exhibition hall terbesar di Indonesia. Penandatangan kerjasama antara Jakob Oetama, Executive Chairman Kompas Gramedia dan Muktar Wijaya, Chairman Sinarmas Land akan dilakukan Kamis lusa, tanggal  28 Juli 2011 di Hotel Santika, Jakarta.

Convention and Exhibition Hall terbesar ini akan dibangun di atas lahan seluas 25 hektar di BSD City, dengan luas bangunan mencapai 150.000 m2. Fasilitas yang melengkapinya dirancang  memenuhi standar internasional  serta mengusung tema bangunan yang ramah lingkungan (green building). Antara lain3 hotel berbintang 2 hingga 4, serta lot parkir yang dengan kapasitas 5 ribu-10 ribu kendaraan (10 Ha).

Kedua perusahaan ini bergabung membentuk perusahaan join venture PT Indonesia Expo dengan kompoisisi saham masih akan dibicarakan lebih lanjut. Selain Kompas Gramedia melalui divisi propertinya Medialadn International dan Sinarmas Land Group, ada nama-nama seperti PT Dyandra Media International dan Pico sebagai profesional yang terlibat di dalamnya.

Guna merealisasikan proyek ini PT Indonesia Expo harus merogoh kocek hingga lebih dari Rp1,5 triliun. Dana ini bersumber dari internal kas perusahaan yang disetor oleh Media Land International dan Sinarmas Land Group.

Convention dan Exhibition Hall ini diklaim sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara. Di atas Singapura dengan Marina Bay Sands-nya seluas 120.000 m2, dan Bangkok dengan IMPACT convention hall seluas 140.000 m2. Melalui proyek bertajuk Indonesia Expo, Kompas Gramedia dan Sinarmas Land Group ingin berkontribusi terhadap industri MICE tanah air. Seperti penyelenggaraan kegiatan-kegiata world conferences, international exhibition, theatrical perfor,ance, meeting, music concerts, gla dinner, private lunch dan lain sebagainya.

Industri MICE (meeting, incentives, convention, dan exhibition) menjanjikan peluang yang besar. Mengingat ada banyak event dan pameran yang diadakan di Indonesia setiap tahun baik bertaraf lokal, nasional maupun international.

Industri ini dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan. Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASperapi) mencatat jumlah pameran di idnoensia pada 2010 adalah sebanyak 265 pameran dan 2011 meningkat menjadi 324 pameran. Sementara fasilitas convention dan exhibition yang representatif, sangat terbatas.

Indonesia Expo menggenapi kehadiran Sentul International Convention Center, Jakarta Convention Center, Jakarta International Expo (JIEXPO) kemayoran yang telah lebih dulu beroperasi.

 

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Tangerang akan menjadi kota terbesar kedua di jakarta……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: