Total Rambah Perkantoran

 

Gairah pengembangan fisik perkantoran koridor TB Simatupang, tampaknya akan terus berlanjut dua hingga lima tahun mendatang. Saat proyek-proyek baru semacam Signum Tower, Sovereign Plaza, Manhattan Square, Antam Office Park, Alamanda Tower, Helios 2, South Quarter dan GKM Tower dibangun atau baru beroperasi.

 

Pasca dibukanya Talavera Office Tower pada 2010, menyusul perkantoran Hijau Arcadia, dan beberapa gedung lainnya beberapa tahun sebelumnya, koridor Simatupang memang jadi incaran. Menurut Presiden Direktur Leads Property Service Indonesia Hendra Hartono, selain karena pasoknya relatif banyak, juga harga lahannya yang masih sangat kompetitif. Tak mengherankan, jika performa perkantoran di sini terus bertumbuh hingga mencapai lebih dari 50% dari total pasok perkantoran yang dikontribusi wilayah Selatan Jakarta.

 

Itulah yang memotivasi PT Total Persada Development (TPD), anak usaha PT Total Bangun Persada, guna melakukan hal serupa pendahulunya. Mereka berkongsi dengan PT Graha Kirana Megah sebagai penyedia lahan membangun GKM Tower melalui perusahaan patungan PT Lestari Kirana Persada.

 

Tak tanggung-tanggung, mereka menginvestasikan dana sebesar 25 juta-30 juta dolar AS untuk merealisasikan mimpi memiliki portofolio green building perdana. GKM Tower ini, memang dirancang sebagai gedung perkantoran ramah lingkungan dengan menekankan aspek-aspek  hijau (green code) yang memungkinkan konsepsi hijau yang berkelanjutan.

 

Konsepsi hijau dalam perspektif GKM Tower antara lain menggunakan teknologi dan sumber energi yang dapat diperbarui yakni energi matahari dan bio diesel, konservasi air hujan (rain water harvesting), pendinginan secara pasif (shading) atau peneduhan dan ventilasi alami, serta micro climate response berupa pertamanan dan pepohonan yang mendapat porsi 83,3% dari total luas area. Selain itu, akan terdapat ruang terbuka berupa taman dan ruang sosial.

 

Ditambahkan Presiden Direktur Lestari Kirana Persada, Rudi S Komajaya, mereka juga akan menanggulangi limbah air dengan teknologi grey water recycling. Adapun material dan peralatan bangunan yang digunakan pada saat proses konstruksi adalah yang mengonsumsi energi paling rendah. Begitu pula dengan aplikasi pencahayaan alami yang menggunakan overall thermal transfer value (OTTV) sebesar 40 watt/m2 yang mendukung proses baru efisiensi energi .

 

Untuk menunjukkan keseriusannya, Lestari Kirana Persada mengajukan GKM Tower untuk  disertifikasi oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) dan Green Mark dari Building Construction Authority (BCA) Singapura dengan target peringkat platinum.

 

Gampang dimafhumi, jika harga per meter persegi gedung ini cukup bersaing. Untuk unit-unit yang dijual dengan sistem kepemilikan strata title, ditawarkan seharga Rp19 juta-19,5 juta/m2. Sedangkan unit-unit sewa dibanderol sekitar Rp150.000-160.000/m2. Di luar biaya perawatan sebesar Rp85.000/m2.

 

Harga yang sejatinya terhitung masih lebih rendah untuk gedung semodern ini. Komparasikan saja dengan harga sewa Wisma Pondok Indah 3 yang berspesifikasi serupa, sudah mencapai angka Rp200.000-250.000/m2. Padahal lokasinya menjorok ke dalam dari segmen Tol JORR Simatupang-Pondok Indah. Sementara GKM Tower dapat diakses melalui jalur-jalur utama menuju pusat bisnis segitiga emas di Jakarta, dan Tol JORR.

 

 

GKM Tower yang pembangunannya dimulai  Desember lalu, akan setinggi 22 lantai dengan 3 basement.  Menempati area seluas 5.800 m2, di mana hanya 17%-nya saja yang dibangun, sesuai dengan peraturan koefisien dasar bangunan di daerah tersebut.  Selain itu, gedung ini akan dilengkapi fasilitas sky lounge dan sky garden yang bisa diakses oleh para tenan dan pemilik unit perkantoran.

 

“Kami merencanakan jadwal pengoperasian gedung ini pada pertengahan 2013, saat semua ruang terbeli dan tersewa para tenan yang sebagian besar merupakan perusahaan pertambangan, informasi dan telekomunikasi dan perusahaan-perusahaan terkait. Saat ini, sudah 29% ruang GKM Tower terjual sejak diluncurkan November lalu,” ungkap Direktur Lestari Kirana Persada, Rudy Gunawan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: