PT Metropolitan Kentjana Tbk Lansir 4 Proyek Senilai 1,7 Triliun

Wajah kawasan Pondok Indah betul-betul akan berubah. Tidak lagi identik sebagai perumahan elit plus family mall -nya yang kesohoran itu. Dalam waktu tak sampai lima tahun, Pondok Indah bakal disulap jadi kawasan bisnis, pusat hiburan dan aktifitas sosial yang gegap gempita. Pasalnya, tahun 2012 ini, PT Metropolitan Kentjana Tbk merilis 4 (empat) proyek properti baru.

Keempatnya adalah Serviced Apartment, hotel, perkantoran dan apartemen berview lapangan golf. Dijelaskan Presiden Direktur PT Metropolitan Kentjana Tbk, Husin Widjayakusumah, Serviced Apartment dan hotel berlokasi berdampingan dengan Pondok Indah Mall 2 di sisi utara, yang saat ini digunakan sebagai area parkir.

Sedangkan apartemen sewa merupakan bagian atau serial ketiga dari Apartemen Golf Pondok Indah yang berstatus apartemen sewa. Terakhir gedung perkantoran (office Building yang berlokasi di Jl RA Kartini (koridor Simatupang).

Untuk merealisasikan keempat properti gress tersebut dibutuhkan dana tak kurang dari Rp1,7 triliun. Dengan komposisi Rp900 miliar untuk pembangunan Serviced Apartment dan hotel, dan masing-masing Rp400 miliar untuk Apartemen Golf Pondok Indah dan perkantoran Simatupang. Dananya berasal dari belanja modal 2012 yang dialokasikan sebesar Rp1,5 triliun.

Khusus untuk serviced Apartment dan hotel, pendanaannya berasal dari bank BCA sebesar 70%, dan sebagian kecil sisanya kas internal. Sementara untuk dua proyek lainnya tengah dijajaki juga dari pinjaman BCA.

Perusahaan yang Go public pada 2009 ini optimis menghadapi kompetisi bisnis dan industri pada tahun ini. Kendati krisis yang melanda Eropa dan Amerika telah menular ke China, mereka yakin dapat melalui 2012 dengan lancar. Ini mengacu pada kinerja keuangan yang menggembirakan.

Terlihat dari tingkat okupansi pusat belanja Pondok Indah Mall 1 & 2 sebanyak 90%, Apartemen Golf Pondok Indah yang dihuni sebanyak 90% dan Wisma Pondok Indah 1 & 2 yang mencapai level 99%.

Selain itu, didukung pula performa keuangan yang positif. Hingga September 2011, mereka mencatat peningkatan pendapatan sebesar 11% dari tahun 2010 sebesar Rp503 miliar menjadi Rp558 miliar. Performa serupa juga ditunjukkan untuk laba bersih yang mencapai Rp213 miliar atau mengalami lonjakan 17% dari tahun sebelumnya periode yang sama Rp181 miliar.

Sementara total aset perseroan membukukan angka Rp2 triliun, naik 11% dari sebelumnya Rp1,8 triliun. Diungkapkan Direktur Marketing PT Metropolitan Kentjana TB, Kenneth S Purnama, perseroan masih memiliki kewajiban sebesar Rp625 miliar atau meningkat 3% dari Rp604. Tercatat pula nilai ekuitas yang ikut beranjak posisinya sebesar 14% menjadi Rp1,38 triliun dari Rp1,2 triliun.

Untuk meningkatkan kinerja keseluruhan, mereka telah melakukan pembangunan Wisma Pondok Indah 3 yang dibiayai dengan pinjaman BCA sebesar Rp350 miliar. Perkantoran ini terdiri atas 21 lantai plus 3 lantai basement. Mulai beroperasi pada Juli 2012. Saat ini progres pembangunannya telah mencapai 87% dan telah mendapat konfirmasi penyewa hingga 73%. selain itu, mereka juga telah membangun Pondok Indah Office Park yang disewakan seluas 4.000 m2 dengan dana Rp23 miliar. Status gedung telah tersewa 100% oleh CIMB Niaga.

Kemudian membangun perluasan Pondok Indah Mall 1 ke arah selatan, seluas 15.000 m2. Perluasan ini dinamakan Street Gallery. Ongkos konstruksinya sebesar Rp130 miliar. Terakhir, belanja tanah seluas 5.882 m2 dari PT Pondok Indah Padang Golf Tbk seharga Rp95 miliar. Yang kesemuanya berasal dari capex 2011 sebesar Rp800 miliar dari total Rp1 triliun yang dianggarkan.

Selain keempat proyek utama tadi, PT Metropolitan Kentjana Tbk juga berencana membangun Town houses sebanyak 70-90 unit di atas area seluas 4 ha di kawasan Deplu Raya, Bintaro Jaya.

Dengan kesiapan mereka membangun porofolio baru, optimisme itu tampaknya bisa terwujud. Sehingga mereka berani menargetkan pendapatan 2012 menjadi Rp900 miliar sampai Rp1 triliun. Lebih besar dari perolehan 2011 yang maksimal hingga akhir Desember diproyeksikan meningkat 15% dari Rp558 miliar. “Kami berusaha menggenjot Marketing sales semester I 2012 sebesar Rp400 miliar,” buka Direktur Marketing PT Metropolitan Kentjana Tbk, Felix S Hasamin.

20111230-153346.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: