Kurangi Beban Utang, Pakuwon Tempuh Refinancing

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Pakuwon Jati, Tbk (Pakuwon Jati) telah menyetujui penjaminan aset berupa Tunjungan Plaza I dan III untuk debt refinancing senilai maksimal Rp 1 trilyun. Penjaminan tersebut harus mendapatkan persetujuan RUPS karena nilai penjaminan melebihi 50% dari kekayaan bersih atau ekuitas  perseroan.

Perseroan sebagai salah satu pemilik, pengelola dan pengembang properti  terkemuka, setelah berhasil menambahkan  portofolionya dengan melakukan pembelian mayoritas saham PT Elite Prima Hutama, pengembang proyek Superblok Kota Kasablanka yang  terletak di Jakarta Selatan dan berdekatan dengan kawasan pusat niaga segitiga emas, melalui penawaran Umum Terbatas pada akhir tahun 2011 yang lalu, saat ini perseroan bermaksud melakukan refinancing atas sebagian hutang bank dan seluruh global bond yang diterbitkan Perseroan.

Untuk rencana tersebut, perseroan akan memperoleh pinjaman dari beberapa bank lokal dengan total maksimum nilai pinjaman sebesar Rp 1 triliun.  Refinancing ini bertujuan untuk menurunkan beban keuangan perusahaan dan mengurangi risiko fluktuasi nilai tukar rupiah.

Pakuwon Jati adalah pemilik, pengelola dan pengembang properti terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 29 tahun pengalaman. Perusahaan yang telah tercatat di BEI sejak 1989 ini saat ini memiliki kapitalisasi pasar lebih dari Rp 9 trilyun.

Pakuwon Jati memiliki konsep bisnis yang terdiversifikasi dengan baik  melalui investment property, dimana Pakuwon Jati mengembangkan, memiliki dan mengelola pusat perbelanjaan komersial, perkantoran dan hotel maupun property development, serta mengembangkan perkantoran dan kondominium strata-tittle dan pengembangan residensial berskala kota mandiri untuk dijual.  Pakuwon Jati terus akan bertumbuh dengan strategi pertumbuhan yang seimbang antara recurring dan development income.

Superblok yang dimiliki Pakuwon Jati terdiri dari superblok Tunjungan City, superblok Gandaria City dan yang terakhir diakuisisi oleh perseroan, superblok Kota Kasablanka. Sedangkan pengembangan residensial berskala kota mandiri adalah Pakuwon City di Surabaya Timur.

Perseroan yakin dengan iklim investasi yang positif di tahun 2012, didukung dengan suku bunga yang rendah, inflasi yang terkendali serta terus tumbuhnya kelas menengah dan atas yang akan terus mendorong permintaan. Di tahun 2012 Pakuwon Jati berencana untuk melakukan ekspansi berupa peluncuran menara perkantoran dan kondominium Kota Kasablanka, pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza V yang dilengkapi dengan gedung perkantoran dan kondominium serta pengembangan kondominium di Pakuwon City.  Setelah pembangunan selesai, Kota Kasablanka akan menjadi proyek superblok terbesar di Jakarta Selatan dan Tunjungan Plaza V akan menjadi gedung tertinggi di Surabaya. Pada pertengahan 2012 Pakuwon juga akan mulai  mengoperasikan pusat perbelanjaaan baru di Kota Kasablanka dengan net leasable area lebih dari 110.000 m2 yang didukung anchor tenant Sogo, Carrefour, Ace, Informa dan XXI.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: