Ciputra Bidik Penjualan Rp10 Triliun

Ciputra Group menargetkan market sales tahun 2012 mencapai Rp 10 triliun, meningkat 80 persen dari capaian tahun 2011 yang sebesar Rp 5,5 triliun. “Tahun 2012 kita targetkan sales Rp10 triliun, meningkat 80 persen dari tahun lalu,” papar Candra Ciputra, CEO Grup Ciputra pada acara Media Gathering dan pengumuman pemenang Lomba Karya Penulisan Jurnalistik Ciputra 2011 di Jakarta, 10 April 2012. Menurut Chandra, target penjualan tersebut didukung oleh 10 proyek yang akan dikerjakan Ciputra Group di tahun ini.

“Termasuk di dalamnya proyek hotel dan rumah sakit. Serta tiga proyek kita di luar negeri yakni Vietnam, Kamboja, dan China,” ungkap dia. Tulus Santoso, Direktur Ciputra yang ditemui di kesempatan yang sama menambahkan, target pertumbuhan penjualan yang dipatok 80 persen di tahun ini memang mengikuti rencana proyek dari group. “Kalau tahun 2011 sales kita tumbuh 111 persen itu karena ada 12 proyek yang kita kerjakan. Kalau tahun ini hanya 9-10 proyek,” jelas Tulus.

Dia juga mengungkapkan, kontribusi penjualan masih didominasi dari dalam negeri. Tahun lalu, katanya, proyek luar negeri (Vietnam dan Kamboja) menyumbang Rp500 miliar. Namun tahun ini diperkirakan meningkat sejalan dengan akan dioperasiannya proyek di China pada Oktober nanti. “Penjualan di 3 proyek luar negeri sumbangannya sekitar 20 persen untuk tahun ini atau Rp. 2 triliun. Untuk China kita targetkan penjuaan Rp1 triliun, sementara Vietnam dan Kamboja Rp1 triliun,” ungkap Tulus.

Dia menguraikan, untuk proyek Vietnam memasarkan 5 cluster di area seluas 368 hektar, Kamboja 2 cluster dengan luas area 260 hektar, dan China sebanyak 5 cluster dengan luas area 313 hektar. Rencana Capex Untuk mendukung beberapa proyek tersebut, Tulus menyebutkan Ciputra Group menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini sebesar Rp 2 triliun. Adapun capex tersebut didominasi untuk mebiayai megaproyek Ciputra 1 dan Ciputra 2 di kawasan Mega Kuningan Jakarta. “Untuk Ciputra 1 dan Ciputra 2 kita alokasikan Rp 1,5 triliun dari capex tahun ini. Sisa capex Rp 500 miliar untuk pegembangan,” papar Tulus. Dia menambahkan, sumber pendanaan capex tersebut selain dari internal, juga berasal dari pinjaman Bank Mandiri.

“Tahun 2011 kita telah tandatangani pinjaman Rp1,8 triliun untuk penarikan 2 tahap. Rencananya tahun ini kita cairkan Rp1 triliun, sisanya nanti tahun depan,” kata Tulus. Dia juga mengungkapkan Ciputra Group akan membagikan deviden dari laba tahun 2011. Adapun deviden yang biasa diusulkan adalah sebesar 30 persen. “Tetapi itu nanti diputuskan dalam RUPS,” kata dia. Realisasi Maret 2012 Sementara hingga akhir Maret 2012, realisasi marketing sales Grup Ciputra baik di luar negeri maupun domestik telah mencapai Rp 1,66 triliun, atau 18 persen dari target. Dengan support dari proyek-proyek baru yang akan diluncurkan, Tulus optimis target penjualan group tahun 2012 akan tercapai.

“Sementara ini memang permintaan cukup kuat. Kendalanya mungkin di pembiayaan. Tetapi pada umumnya likuiditas perbankan nasional cukup baik, kemudian suku bunga juga cenderung rendah. Seperti BCA yag tawarkan bunga fix 8 persen selama 58 bulan,” kata Tulus. Namun dia tidak menampik jika peraturan Bank Indonesia yang mewajibkan kredit kepemilikan rumah sebesar 70 persen dari total harga rumah bakal mengganggu penjualan. “30 persen uang muka pasti mengganggu. Bisa jadi harga rumah akan naik setelah valuenya naik. Harga tahun berikutnya bisa naik 10 persen,” ujarnya.

Tetapi Tulus menambahkan bahwa harga perumahan di tanah air masih rendah dibanding di luar negeri. Untuk diketahui, 90 persen dari bisnis Ciputra Group adalah perumahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: