Binakarya Propertindo, Fokus Hunian Komersial

20120430-181514.jpg

Kondisi pasar properti yang kondusif memotivasi para pengembang bertaruh peruntngan. Salah satu yang agresif adalah Grup Binakarya Propertindo. Tahun ini mereka telah menyiapkan dana investasi sebesar Rp1,3 triliun untuk membangun berbagai proyek properti di berbagai daerah di Indonesia. Sumber dananya sebagian dari modal pemegang saham dan sisanya dari kredit bank. Selain itu, mereka juga menjalin kerjasama dengan mitra strategis guna mendukung orientasi pengembangannya di daerah.

Ada pun daerah yang akan digarap Grup Binakarya Propertindo antara lain Bogor, Bandung, dan Bali. Kebutuhan properti di kedua daerah ini masih sangat tinggi sedangkan pasok properti dan ketersediaan lahan terbatas. “Tahun 2012 merupakan titik awal dari periode keemasan bisnis properti yang diperkirakan akan mencapai puncaknya kurang lebih tiga tahun mendatang, sehingga investasi di bisnis ini masih merupakan salah satu yang terbaik dan menjadi pilihan uutama investor,” ungkap Go Hengky Setiawan, CEO Grup Binakarya Propertindo. Apa saja proyek properti yang dikembangkan Grup Binakarya Propertindo tahun 2012 ini?

Di Jakarta, tengah dibangun apartemen Casablanca East Residences tahap II, Jakarta Timur, dengan investasi Rp150 miliar dan akan dibangun pada kuartal ke IV tahun 2012. Selain itu, ada apartmen Pluit Sea View di Jakarta Utara, pada kuartal ke III tahun 2012, investasi Rp100 miliar. Setelah tahap I yakni tower Maldives terjual 90% (900 unit), kini sedang ditawarkan tower ke dua yakni tower Belize dengan harga Rp150 jutaan. Selain pemandangan laut, ujar Hengky, keunggulan utama dari proyek dengan total luas lahan hampir 4 Ha ini adalah adanya public area berupa tempat untuk berjalan-jalan menikmati kapal yang sedang bersandar (promenade). Keberadaan promenade ini rencananya didesain untuk melengkapi boat deck dan dermaga.

Di sepanjang promenade tersebut akan dibangun jogging track, sehingga penghuni nantinya benar-benar dapat menikmati segarnya udara laut setiap saat. Adapun tipe unit yang sedang direncanakan adalah mulai dari 1 kamar (studio), 2 kamar, dan 3 kamar. Pluit Sea View dilengkapi sarana pendidikan serta sarana rekreasi danau. Fasilitas lainnya antara lain bicycle track, swimming pool, food court, fitness center, BBQ area, children playground, sky garden, dan sistem kemanan 24 jam dilengkapi CCTV.

Kemudian di Bekasi, bersama PT Triputri Natatama, Grup Binakarya Propertindo membangun Bekasi Town Square (Betos) sebagai pusat bisnis terpadu di Jl Cut Meutia. Proyek yang akan berdiri di atas lahan seluas 10 Ha ini, menurut Hengky, direncanakan sebagai sebuah superblok eksklusif dan disiapkan menjadi landmark Bekasi.”Betos akan kami kembangkan untuk mengoptimalkan potensi kawasan ini, selain juga membuka peluang investasi bagi masyarakat mengingat keberadaannya akan kami posisikan sebagai landmark,” ujarnya. D dalam Betos terdapat pasar modern, water park, apartemen, hotel, gedung pesta, Central Business District (CBD), dan lainnya sebagai sebuah pengembangan integrasi. Adapun saat ini, lokasi yang akan lebih dulu dikembangkan adalah Pasar Modern Betos. Dengan investasi sebesarRp400 miliar, Betos dibangun pada kuartal I tahun 2012.

Sedangkan di Bandung, tepatnya di Jl Gunung Batu, Grup Binakarya Propertindo dan Grup Istana baru saja meluncurkan Tower Topaz sebagai menara ketiga Gateway Pasteur Apartment. Peluncuran Tower Topaz tak lepas dari besarnya minat masyarakat Bandung dan Jakarta untuk memiliki apartemen di gerbang kota kembang ini. Tingginya animo masyarakat terlihat sejak diluncurkannya dua tower terdahulu, yaitu Ruby dan Jade yang saat ini sudah terjual 95%. Tower Topaz sendiri direncanakan memiliki kurang lebih 888 unit terbagi dalam beberapa tipe, yaitu studio, 1 kamar, 2 kamar, dan 3 kamar dengan harga mulai dari Rp170 juta samapi Rp500 juta.
”Bisnis properti di Bandung saat ini memang terus berkembang. Terindikasi dari kebutuhan tempat tinggal yang terus meningkat. Keterbatasan lahan dan terus meningkatnya harga tanah membuat apartemen menjadi alternatif tempat tinggal di kota besar. Tak terkecuali di Bandung karena banyak masyarakat mulai memilih apartemen sebagai tempat tinggal ketimbang landed house,” papar Hengky.

Gateway Pasteur Apartment mulai dibangun kuartal ke IV tahun 2012 ini dan ditargetkan selesai pada dua tahun mendatang dengan investasi sebesar Rp350 miliar. Berdiri di atas lahan seluas 5 Ha, sekitar 2 Ha akan digunakan untuk kebutuhan apartemen, sementara sisanya untuk pembangunan hotel bintang tiga (200 unit) dan pusat belanja.

Membangun kondotel

Tak sebatas itu, mereka juga tertarik merambah sektor kondotel. Melalui Bogor Valley Condotel (BVC), mereka mencoba peruntungannya. BVC merupakan sebuah perpaduan konsep hotel dan apartemen hak milik strata title dalam satu kawasan di arteri sentra bisnis Bogor, yaitu Jalan Sholeh Iskandar. Apartemen dan kondotel yang direncanakan dibangun di atas lahan seluas 0,6 Ha dengan investasi sebesar Rp125 miliar tersebut akan menghimpun 3 tower, yaitu 2 tower untuk apartemen dan 1 tower hotel yang semuanya dirancang untuk memiliki view menarik, yaitu Gunung Salak, Pancar, dan Hambalang. Pembangunan Bogor Valley dilakukan pada kuartal III tahun 2012. Dari 600 unit yang ditawarkan, kini sudah terjual 60%.

Grup Binakarya Propertindo juga tengah menyiapkan pengembangan kondotel di luar jawa yakni kondotel Watu Jimbar di Sanur yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan serta Swiss-Belhotel Kuta dengan investasi Rp150 miliar dan akan mulai dibangun pada kuartal III tahun 2012. ”Tahun 2012 ini kami menargetkan setiap proyek terjual 100%. Dan strategi pencapaian target dengan memperkuat aktivitas branding image dan selalu berkomitmen menyelesaikan proyek-proyek sebelumnya dengan tepat waktu untuk memberikan bukti komitmen pengembang terhadap masyarakat,” ujar Hengky.

Grup Binakarya Propertindo memulai proyek perdananya di tahun 1994, berupa apartemen di Jl. Pademangan Barat, Jakarta Pusat. Kiprahnya kemudian memang tidak terlalu berkibar, karena proyeknya berskala kecil berupa kompleks ruko di kawasan Gunung Sahari dan daerah lain. Sempat vakum sejenak, di tahun 2007, muncul kembali di kancah bisnis properti dengan mengembangkan Royal Spring Residence. Kemudian, berturut-turut antara lain apartemen Gateway – Bandung, apartemen Cibubur Village – Jakarta Timur, dan perumahan Bumi Sentosa Asri di Tambun – Bekasi.

sumber: Yuniar S

13 Tanggapan

  1. Selamat siang, Bu Hilda. Bagus ga sih manajemen pengembang ini yah? Sy ada ambil pluit sea view cuma minggu lalu ada liat2 ke apt yg udah jadinya (CER) kok jorok bgt (koridor, jalanan dll) jadi bingung ntar jatohnya sama ga yah??

    • Siang Mas, harga menentukan kualitas🙂

      • bu hilda, maksudnya bagaimana ya? Harga di CER berapa ya? Dari browsingan saya, harga CER juga mulai dari 200an, dan harga di Pluit Sea view juga mulai 200an, apakah maksud ibu, kalau keadaan di Pluit sea view juga akan kotor dan tidak terawat?? Mohon penjelasannya

  2. Selamat malam, Bu Hilda. Kalau reputasi developernya sendiri gimana yah? Yg pluit sea view sih range harganya memang ga terlalu mahal tapi ga semurah yg rusunami juga. Makasih sebelumnya.

    • sejauh ini blm ada catatan buruk… mereka bangun Cibubur Village, terbaru Bandung Village dan Bekasi Town Square…

  3. Binakarya Propertindo Group PARAH
    Saya membeli rumah di golden palm residen Blok H No 58, setelah serah terima kunci, saya cek kondisi rumah wah ancur, pintu tidak bisa di tutup, ubin joroknya minta ampun, air sanyo bisa keluar dari saluran AC ini benar gila, WC mampet, belum lama genteng rumah jatuh dari atap untung tidak mengenai orang, padahal itu rumah belum ada 2 bulan saya tempati. Dari pertama komplain sampai sekarang tidak pernah di tanggapi, Rasanya kepala ini mau pecah melihat rumah seperti membeli GUBUK saya punya bukti berupa foto2nya. tapi saya tidak mengerti untuk uploadnya kesini. Saya menulis kesini karna sudah bingung mesti kemana lagi,

  4. @ Ibu Hilda : bisa dishare fotonya kalo uda ada?

    @ Pak Ari : parah ya. Yang di apt CER juga jorok. Sampe pusing liatnya.

    Mungkin ada temen2 lain yang pernah beli properti dgn pengembang ini bisa sharing? Terimakasih.

    • Undangan Seminar Properti 2012

      Saya Dedi dari Panangian School Of Property.

      Kami ingin mengundang Bapak / Ibu untuk menghadiri Acara Seminar Prospek Bisnis & Investasi di Properti

      yang akan kami adakan pada :

      Hari / Tanggal : RABU 12 SEPT 2012

      Pukul : 09.30 s/d 14.00 WIB
      Tema Seminar : “Raih Kekayaan dari BOOMING Properti 2012”
      Tempat : Thamrin City Lt.6 N25 Lot.636
      Samping Grand Indonesia – Kebun Kacang

      Pembicara : ~ Dr. Ir. Panangian Simanungkalit. MSc. RIM ( Pakar Properti Indonesia)
      ~ Andi K Natael ( Dir mkt Modern Land )

      Investasi : Special invitation 2 org ( free )

      ( Snack, Makan siang, guide book ).

      Dapatkan informasi tentang properti dan networking bisnis anda baik investor dan developer disini

      Kami berharap kehadiran Bapak/Ibu segera mendaftarkan diri pada acara Seminar ini,
      Karna tempat sangat terbatas.

      Untuk Registrasi Kirimkan sms / Hub ke No. HP. 087882799777 (DEDI)

      Untuk Informasi & keterangan selengkapnya, silahkan hubungi saya / terbitan kompas tgl 10 sep 2012 dan http://www.panangianschool.com dan info ini bisa anda forward ke rekan anda.

      Mohon dikonfirmasikan mengenai kesediaan kehadiran Bapak/Ibu untuk acara Seminar ini.

      Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

      Panangian School Of Property

      Dedi
      ( No. HP. 087882799777)

    • Pak purnama, apa sampai sekarang keadaannya masih jorok dan tidak bagus? Karena saya juga berminat untuk mengambil apart di pluit sea view, mohon sharing nya…. Thx

  5. Melihat komentar2 yang ada… kami ingin memperkenalkan diri, PT. Rasya Anugrah Pratama bergerak di bidang Konsultan Management Konstruksi. jika berkenan dan diberi kesempatan kepada kami untuk mempresentasikan bagaimana mengawal proses konstruksi dari tahapan “Pra Konstruksi – Konstruksi – Post Konstruksi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: