Setelah Green House, Kini Green Campus

ImageKonsep green development  tampaknya terdefinisi  lebih komprehensif. Ia tidak sebatas pemberian ruang terbuka hijau secara proporsional juga telah menjadi gaya hidup yang hukumnya wajib. Baru-baru ini, Sinarmas Land melalui Kota Deltamas, membangun Kampus Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB).

Fasilitas pendidikan ini diklaim sebagai green campus pertama di Indonesia dan telah mendapat Gold Certified Design  dari  Green Building Council Indonesia (GBCI). Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land mengatakan, “Sertifikasi hijau yang diberikan GBCI ini bukanlah sertifikasi yang mudah didapat. Desain pembangunan ITSB harus disesuaikan dengan  ketentuan bangunan hijau yang sudah ditetapkan GBCI.”

Ada pun pertimbangan GBCI memberikan sertifikat ini adalah terpenuhinya unsur efisiensi dan penghematan energi melalui aspek bangunan single corridor, penerapan double skin pada tapak, pengolahan sampah, composting serta pemanfaatan air hujan. Penghematan ini dilakukan dengan memaksimalkan pencahayaan alami dan mengurangi penggunaan air conditioning (AC). Kampus ITSB memiliki ruang terbuka hijau yang mencapai 61% dari seluruh area pengembangan kampus, juga menerapkan vertical greening.

Air  berhasil dihemat sebanyak 48% dengan melakukan efisiensi  penggunaan dan memaksimalkan pemanfaatan air hujan, salah satunya dengan membuat tempat penampungan air. Selain itu,  digunakan pula non CFC  (Chloro Flouro Carbon) sebagai bahan pendingin dan gas halon untuk pemadam kebakaran.

Yang patut diapresiasi dari kampus hijau ini adalah penggunaan material lokal pada seluruh komponen bangunan.

Kota Deltamas sendiri memiliki luas lahan 3.000 Ha. Dilengkapi kawasan industri yang mengadopsi Green Concept  yaitu Greenland International Industrial Center (GIIC). Sebagian besar investor di GIIC adalah perusahaan otomotif asal Jepang. Produsen otomotif raksasa Suzuki telah berkomitmen untuk menempati lahan seluas 130 hektar di sini. Selain Suzuki, beberapa investor lain yang sudah memberikan konfirmasi adalah Takata (pabrik sabuk pengaman), Shiroki, Toyo Ink, Necco, Pilot Pen dan PT Frina Auto Parts and Accessories.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: