Eden Hotel Benoa, Hadir Tanpa Jaminan Sewa

Jumlah kondominium hotel (kondotel) di Bali terus bertambah. Para pengembang masih terpikat dengan pesona Pula Dewata dan terus membangun jenis properti ini. Seperti yang dilakukan Twenty One Development Group, pengembang asal Surabaya, Jawa Timur.  Setelah sukses dengan proyek perdana, Eden Hotel Kuta,  mereka membangun lagi kondotel  di kawasan Tanjung Benoa, Bali.

 

Eden Hotel Benoa dibangun di atas lahan seluas  1 hektar dengan luas bangunan 20 ribu m2 yang  menelan investasi sebesar Rp500 miliar. “Kami melihat sebagai destinasi wisata dunia, Bali menjadi pasar potensial untuk mengembangkan proyek properti seperti kondotel. Dan kami yakin proyek terbaru ini akan sukses seperti yang pertama,” ujar Roy Sindhunirmala, CEO Twenty One Development Group.

 

Diferensiasi yang ditawarkan, antara lain lokasinya berada di kawasan Tanjung Benoa yang dikenal dengan water sport-nya. “Eden Hotel Benoa merupakan kondotel pertama yang memiliki private beach. Tebal pasir putih di pantai ini hingga 100 meter. Ini menjadi kelebihan utama. Jangan lupa properti bagus yang berlokasi di bibir pantai di Bali itu sangat sulit. Ini adalah produk premium kami,” klaim Roy.

Kawasan Tanjung Benoa, kata Direktur Twenty One Development Group Stephanus Setyabudi, akan semakin mudah dicapai dengan adanya jalan tol yang menghubungkan Nusa Dua-Bandara Ngurah Rai–Benoa. “Dukungan infrastruktur jalan tol akan menjadi keuntungan bagi kawasan Tanjung Benoa dan Eden Hotel Benoa. Karena dengan jalan tol tersebut, aksesnya akan lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Faktor infrastruktur selama ini menjadi pendorong utama keberhasilan sebuah produk properti, “ papar Stephanus seraya mengatakan pengembangan tol tersebut rencananya selesai pertengahan tahun depan, yaitu menjelang APEC 2013.

Eden Hotel Benoa memiliki 207 unit kamar. Namun tidak semuanya dijual, hanya 100 unit saja, sisanya akan dikelola sendiri oleh Twenty One Development Group. Sebagai operator ditunjuk Tauzia Hotel Management sebagai hotel bintang empat.  Ada 4 tipe kamar yang dipasarkan yakni Grand Deluxe, Premiere, Signature dan Grand Suite dengan ukuran mulai dari 35 m2 hingga  70 m2. Harganya dibanderol berkisar Rp2 miliar-Rp5 miliar per unit.

“Kami memberikan status kepemilikan strate title hak milik (freehold) dan tidak memberikan jaminan sewa (rental guarantee) karena kami yakin para investor percaya dengan reputasi  dan proyek ini akan memberikan keuntungan,” ujar Roy seraya memberikan estimasi return of investment (ROI)kondotel ini diperkirakan mencapai 19% per tahun. Dari 100 unit kamar yang ditawarkan sebanyak 50% sudah terjual.

Presiden Direktur Tauzia Hotel Management Marc Steinmeyer mengatakan, pihaknya telah berpengalaman menjalankan bisnis operator hotel dan berhasil menjaga tingkat okupansi  minimal 80%.  Pembangunan fisik Eden Hotel Benoa yang mengusung konsep natural &  modern minimalis ini akan dimulai pada Maret 2013, diharapkan selesai pada medio 2015, dan sekitar akhir 2015 akan mulai beroperasi.

Bisa jadi keyakinan Roy dan Marc terwujud. Dengan catatan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali terus meningkat. Jika tidak,  kondotel yang dibangun  Twenty One Development Group pasti akan kena imbasnya karena jumlah properti jenis ini  di Bali memang sudah banyak. Menurut catatan lembaga riset dan konsultan properti PT Wilson Propertindo (Knight Frank) saat ini pasokan mencapai 2.713 unit yang berasal dari 21 proyek yang telah ada dan akan bertambah sebanyak 1.700 unit lagi hingga 2013.

Menurut Senior Associate Director Advisory and Investment Knight Frank Indonesia Fakky Ismail Hidayat, pasokan kondotel secara dominan dilakukan di wilayah Kuta yakni mencapai 68,4%, disusul Nusa Dua (16,3%), Uluwatu (13,3%) dan lainnya 2%. Sementara tren kunjungan wisatawan ke Bali tiap tahun meningkat sekitar 9%. “Bertumbuhnya ekonomi Indonesia akan makin mendorong jumlah wisatawan ke Bali. Dan tingkat penyerapan kondotel akan tetap tinggi seiring bertambahnya wisatawan, ” kata Fakky.

 

 

 

 

 

 

 

By: Yuniar S

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: