Grup Pancanaka Property Bersiap Go Public 2015

Gairah bisnis properti diyakini para pengembang akan terus berlanjut di tahun 2013. Tak terkecuali  PT Pancanaka Swasakti Utama (Grup Pancanaka Property). Kondisi ekonomi yang stabil akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh perusahaan pengembang yang berdiri sejak tahun 2001 di kota Malang, Jawa Timur ini. Proyek-proyek anyar pun siap dilansir.

“Kami akan terus menekan pedal gas agar bisa melaju kencang di tahun. Selagi situasi kondusif dan normal karena di tahun 2014 belum tentu bisa seperti tahun ini karena ada pemilu,” ujar Judy Soebarjadi, Komisaris Grup Pancanaka Property seraya meyakinkan tahun ini dapat meraih penjualan (marketing sales) sebesar Rp800 miliar, meningkat  dibandingkan pencapaian penjualan tahun 2012 senilai Rp500 miliar.

Untuk mencapai target itu, kata Direktur Utama Grup Pancanaka Property Ahmad Rony Yustianto, penjualan 19 proyek properti yang saat ini sedang dipasarkan akan digenjot. Menggenapi jumlah total protofolio sebanyak 30 proeprti.

Ada pun proyek yang saat ini sedang dipasarkan antara lain Tirtasari Residence Malang,  Pancanaka Royal Garden Cimahi, Sanghyang Pancanaka Hill Cimahi, Pancanaka Green Garden Bengkulu, Pancanaka Green Hill Balikpapan, Pancanaka City Tanjung Pinang, Grand Mawar City Banjarbaru, Erfina Kencana Regency Bogor, Green Erfina Residence Cikampek, Pancanaka Green Leaf Jakarta, dan LA City Apartment Jakarta. Semua proyek  menyasar multisegmen dengan harga mulai dari Rp130 juta (Pancanaka Green Garden Bengkulu ) hingga Rp3,5 miliar (Pancanaka Green Leaf Jakarta).

Judy menambahkan, pihaknya juga bakal membesut proyek baru di berbagai kota di Indonesia. Tengah dipersiapkan high rise building seperti apartemen, kondotel, dan perkantoran. LA City Apartment di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan merupakan proyek high rise pertama mereka. Posisi penjualan saat ini, 60% dari total 998 unit apartemen (3 tower).

Ada 2 proyek high rise building yang akan dibangun Grup Pancanaka Property di tahun 2013. Pertama, di Balikpapan. Di atas lahan seluas 1,9 hektar, rencananya akan dibangun 2 tower apartemen yang merangkum 900 unit apartemen seharga mulai dari Rp300 juta hingga Rp1,2 miliar dan 1 tower kondominium hotel (150 unit) atau office. “Jika tidak ada kendala, pertengahan tahun ini mulai dikerjakan,” kata Judy. Kedua, di Samarinda. Rencananya, pada Agustus 2013,  di atas lahan seluas 1,2 hektar mereka menggeber 2 tower apartemen yang berisi 750 unit apartemen dan akan dipasarkan seharga mulai dari Rp400 juta hingga Rp800 juta. Guna merealisasikan keduanya, dana investasi sekitar Rp500 miliar telah mereka siapkan. Sumber pendanaan pengembangan proyek diperoleh dari dana sendiri dan pinjaman bank.

Kendati high rise building akan diperkuat, mereka tak melupakan core business awal, yakni mengembangkan rumah tapak. Rencananya, kota-kota seperti Bandung, Batam, Tasikmalaya, Serang, Semarang, Probolinggo, Lamongan, dan lain-lain. Judy mengatakan, Grup Pancanaka Property akan semakin agresif membangun proyek di daerah-daerah ber-Pendapatan Asli Daerah (PAD) tinggi dengan tetap memperhatikan potensi pasar. “Saat ini kami memiliki land bank lebih dari 100 hektar yang tersebar di berbagai kota besar. Kami juga telah bekerjasama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk membangun rumah bagi anggota Polri seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Semakin agresifnya Grup Pancanaka Property menggarap pasar properti di Indonesia, juga untuk mendukung  mile stone perusahaan  yang akan go public tahun 2015. “Portofolio property kami perbanyak, kondisi internal perusahaan kami perbaiki, mutu produk, mutu manajerial, dan menjaga kepercayaan pasar akan kami tingkatkan sehingga jalan menuju lantai bursa tak terkendala,” ujar Ahmad.

Melihat pencapaian sampai saat ini, Ahmad yakin Grup Pancanaka Property akan diminati para investor. Pada awalnya Grup Pancanaka memusatkan kegiatan usahanya pada pembangunan rumah tinggal dan bangunan komersial baik konstruksi (eksterior) maupun interior khusus di daerah Malang. Dengan kerja keras, keahlian dan dedikasi para personilnya, saat ini telah beroperasi dalam skala yang lebih luas di Jawa dan Kalimantan.

Dalam perjalanannya kemudian, manajemen melihat peluang yang lebih besar dan menjanjikan di bidang properti, khususnya  pengembangan perumahan. Oleh karena itu, Grup Pancanaka menjadikan bisnis properti, terutama real estate sebagai bisnis inti.  Selain bergerak di bidang properti sebagai usaha utama (PT Pancanaka Swasakti Utama/Grup Pancanaka Property), perluasan usaha dilakukan untuk sayap bisnis lain seperti bidang Jasa Konstruksi (PT Pancanaka Konstruksi Utama), Furniture Product (Pancanaka Gallery), Medical Centre (Mensana Medical Center), Konsultan Arsitektur (Pancanaka Design Associates), dan bisnis lainnya yang berjumlah kurang lebih 8 perusahaan yang berkantor pusat di Kota Malang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: