Big Plan

Pakuwon Siapkan Serial Kedua

 

Pengembang nasional yang berbasis di Surabaya ini perlahan namun pasti mulai menyiapkan pembangunan tahap II dari megaproyek mereka di Kota Kasablanka dan Gandaria City.

Tahap kedua proyek tersebut akan direalisasikan usai tahap pertama masing-masing pengembangan rampung pada 2013 dan 2014. Kota Kasablanka II sendiri akan berisi dua menara apartemen dan satu menara perkantoran. Diproyeksikan KK II ini kelar dalam 30 bulan konstruksi. Sedangkan Gandaria City II menghimpun dua menara apartemen dan satu menara perkantoran, dengan target penyelesaian konstruksi 2 tahun.

Dikatakan Direktur Utama PT Pakuwon Jati Tbk, (PWON) Richard Adisastra, sektor properti sedang dalam masa puncak. Pembeli berasal dari berbagai kalangan. Motifnya ada yang untuk investasi maupun digunakan sendiri. “Proporsi mereka sama besar. Untuk itu, kami mengantisipasinya dengan melansir proyek-proyek tambahan. Desainnya belum final. Masih dielaborasi lebih dalam. Namun yang pasti, saya mengatakan Pakuwon berpeluang besar meningkatkan pendpatan dari proyek-proyek yang tengah dikerjakan,” imbuhnya.

Sementara Investor Relation Director PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) Irene Tedja, menjelaskan sejak Pakuwon Jati memasuki pasar Jakarta di tahun 2007, perseroan terus mencatat peningkatan pendapatan dari tahun ke tahun. Tahun 2011 lalu pendapatan mereka sudah tumbuh lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tingkat pendapatan tahun 2007.

Tahun 2012 ini Pakuwon menargetkan marketing sales sebesar Rp1.800 miliar dan sampai dengan Juni telah mencapai Rp 1.000 miliar. Beroperasinya pusat belanja Kota Kasablanka,  mulai 28 Juli lalu, semakin memperkuat portofolio recurring income Pakuwon.  Sehingga berpotensi menambah recurring income. Ada pun luas area persewaan pusat perbelanjaan dan perkantoran Pakuwon Jati dan anak-anak perusahaan saat ini mencapai lebih dari 400.000m2. Sejalan dengan dengan strategi pertumbuhan Perseroan yang menyeimbangkan recurring maupundevelopment income.

Pusat perbelanjaaan baru di Kota Kasablanka yang telah beroperasi di atas mempunyai net leasable area sekitar 110.000 m2 didukung oleh anchor tenant Sogo, Carrefour, Ace, Informa dan XXI.

Lebih lanjut Irene Tedja memaparkan laba bersih semester I tahun ini  meningkat tajam sebesar 89% menjadi Rp 374 miliar dibandingkan Rp 198 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Seiring dengan peningkatan pendapatan PWON yang juga meningkat signifikan dari Rp 654 miliar menjadi Rp 1.049 miliar atau tumbuh 60%.

Peningkatan laba bersih maupun pendapatan PWON ditopang oleh melonjaknya  harga jual kondominium Casa Grande dan perkantoran 88 Kasablanka yang telah diakui sebagai penjualan,

peningkatan penjualan residensial di Pakuwon City, Surabaya, serta peningkatan pendapatan sewa dari pusat perbelanjaan Gandaria City.

Pakuwon Jati, adalah pemilik, pengelola dan pengembang properti yang tahun ini memasuki usianya yang ke 30 tahun. Perusahaan telah tercatat di BEI sejak 1989. Perseroan memiliki konsep bisnis yang terdiversifikasi melalui investment property, di mana Pakuwon mengembangkan, memiliki dan mengelola pusat perbelanjaan komersial, perkantoran dan hotel maupun property development, yang mengembangkan perkantoran dan kondominium strata-tittle serta pengembangan residensial berskala kota mandiri untuk dijual.

Superblok yang dimiliki Pakuwon Jati terdiri atas  Tunjungan City, Gandaria City dan  Kota Kasablanka. Sedangkan pengembangan residensial berskala kota mandiri adalah Pakuwon City di Surabaya Timur.

Perseroan yakin dengan iklim investasi yang positif di tahun 2012, didukung suku bunga yang rendah, inflasi yang terkendali serta terus tumbuhnya kelas menengah dan atas  akan terus mendorong permintaan.

Untuk terus memperkuat basis pertumbuhan PWON berencana melakukan ekspansi berupa pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza V yang dilengkapi dengan gedung perkantoran (Pakuwon Center), kondominium (The Peak) serta pengembangan kondominium di Pakuwon City (Edu City).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: